Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesawat Putra Mahkota Arab Saudi Sempat Ditolak Mendarat di India Usai Kunjungi Pakistan

Pesawat yang ditumpangi Putera Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) sempat kembali ke Riyadh sebelum akhirnya mendarat di India.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Pesawat Putra Mahkota Arab Saudi Sempat Ditolak Mendarat di India Usai Kunjungi Pakistan
(Twitter/Narendra Modi/ via kompas.com)
Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut kedatangan Pangeran Mohammed bin Salman di New Delhi, Selasa (19/2/2019). (Twitter/Narendra Modi) 

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Pesawat yang ditumpangi Putera Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman ( MBS) sempat kembali ke Riyadh sebelum akhirnya mendarat di India.

Dalam kunjungannya ke India, MBS disambut dan diterima langsung Perdana Menteri Narendra Modi saat mendarat di pangkalan angkatan udara wilayah Palam, Selasa (19/2/2019).

Menurut laporan media India, pihak New Delhi keberatan dengan kedatangan rombongan Pangeran Mahkota Saudi yang datang langsung dari Pakistan.

Baca: Seorang Pria di Amerika Kirim SMS Menyentuh Kepada Istrinya Saat dalam Keadaan Sekarat

Sebelum berkunjung ke India, MBS memang mengawali tur Asia dengan mengunjungi Pakistan, di mana dia bertemu dengan Perdana Menteri Imran Khan dan menandatangani kesepakatan investasi senilai 20 miliar dollar AS (Rp 282,8 triliun).

Tiba di Islamabad pada Minggu (17/2/2019), MBS mengakhiri kunjungannya di Pakistan pada Senin (18/2/2019).

Namun, dia baru tiba di India pada Selasa (19/2/2019) malam.

Pesawat yang membawa MBS ternyata lebih dulu kembali ke Riyadh sebelum terbang ke India, sesuai dengan permintaan negara yang sedang bersitegang dengan Pakistan itu.

Baca: Seorang Biksu di Thailand Tewas Terinjak Kawanan Gajah Liar Saat Meditasi di Hutan

BERITA REKOMENDASI

"New Delhi telah mengajukan keberatan atas kedatangan MBS yang ke India dari Pakistan," tulis kantor berita India, PTI, yang mengutip sumber-sumber yang mengetahui masalah ini.

"India menyampaikan kepada otoritas Saudi bahwa kunjungan ke New Delhi oleh pangeran mahkota segera setelah pemberhentiannya di Islamabad tidak bisa diterima," tulis surat kabar harian India, Mint, seperti dikutip The New Arab.

Ketegangan antara India dengan Pakistan dalam beberapa hari terakhir telah meningkat setelah terjadinya insiden berdarah di wilayah yang disengketakan di Kashmir.

Arab Saudi telah berjanji akan membantu mengurangi ketegangan yang terjadi di antara kedua negara tersebut.

Alasan itu pula yang menjadikan MBS bersedia memenuhi permintaan untuk kembali ke Riyadh sebelum bertolak ke India.

"Tujuan kami adalah untuk mencoba mengurangi ketegangan antara kedua negara yang saling bertetangga dan untuk melihat apakah ada jalan ke depan untuk menyelesaikan perbedaan secara damai," kata Menteri untuk Urusan Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, dalam konferensi pers di Islamabad, Senin (18/2/2019).

Penulis : Agni Vidya Perdana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pesawat MBS Sempat Ditolak Mendarat di India Usai Mengunjungi Pakistan  

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas