Tribun

Virus Corona

Pembuat Obat AS Sebut Obat Corona Bisa Habiskan Biaya hingga 5.700 Dolar AS Per Perawatan

Untuk pasien yang diasuransikan secara komersial, perawatan selama lima hari ini akan menelan biaya sekitar 3.120 dolar AS.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Pembuat Obat AS Sebut Obat Corona Bisa Habiskan Biaya hingga 5.700 Dolar AS Per Perawatan
Freepik.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Gilead Sciences mengumumkan rencana penetapan harga untuk obat yang tengah diteliti untuk menangani virus corona (Covid-19) atau disebut remdesivir.

Langkah ini diprediksi akan membebani anggaran pemerintah Amerika Serikat (AS) dan negara-negara maju lainnya sebesar 390 dolar AS per botol, atau sekitar 2.340 dolar AS untuk perawatan selama lima hari.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (30/6/2020), perusahaan biofarmasi AS ini mengatakan bahwa mereka akan menawarkan model satu harga untuk menghindari proses negosiasi antar negara yang dapat memperlambat akses.

Untuk pasien yang diasuransikan secara komersial, perawatan selama lima hari ini akan menelan biaya sekitar 3.120 dolar AS.

Sedangkan untuk perawatan yang lebih lama yakni 10 hari, akan menelan biaya pemerintah sebesar 4.290 dolar AS per pasien dan 5.720 dolar AS untuk pasien AS yang menggunakan asuransi swasta.

Seperti yang disampaikan CEO Gilead Sciences, Daniel O'Day bahwa pihaknya memastikan seluruh pasien corona di dunia akan dapat mengakses obat tersebut.

"Kami ingin memastikan bahwa tidak ada yang menghalangi remdesivir untuk pasien, kami juga akan memastikan semua pasien di dunia memiliki akses ke obat ini," jelas O'Day.

Perusahaan ini juga mengaku telah menandatangani perjanjian dengan produsen obat generik untuk menyediakan obat dengan 'biaya yang jauh lebih rendah' untuk dipasarkan di negara-negara berkembang.

Mengingat potensinya untuk mengurangi biaya rumah sakit dan menyelamatkan nyawa, Gilead mengatakan bahwa harganya akan dibanderol 390 dolar AS per botol, jauh di bawah harga obat pada umumnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas