Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jumlah Pinjaman Perusahaan Jepang Meningkat Menjadi 572 Triliun Yen Akibat Covid-19

Lembaga keuangan meningkatkan pinjaman kepada perusahaan dan pemilik tunggal yang arus kasnya menjadi sulit karena efek virus corona.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jumlah Pinjaman Perusahaan Jepang Meningkat Menjadi 572 Triliun Yen Akibat Covid-19
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Bank Sentral Jepang (BOJ) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Saldo pinjaman perusahaan dan individu melalui bank swasta dan credit unions (BPR) Jepang mencapai rekor tertinggi lebih dari 572 triliun yen selama Juli 2020 sebagai dampak Covid-19.

"Jumlah pinjaman pihak swasta itu menjadi tertinggi sejak tahun 2000," papar sumber Tribunnews.com, Selasa (11/8/2020).

Menurut "tren pinjaman dan simpanan" yang diumumkan oleh Bank of Japan (BOJ) hari ini, saldo pinjaman kepada bank swasta dan credit unions untuk perusahaan dan individu di Jepang dapat dibandingkan dengan rata-rata 572 triliun 7058 miliar yen pada bulan Juli 2020, tertinggi sejak tahun 2000.




Jumlah pinjaman itu juga berarti 6,3 persen lebih tinggi dari bulan yang sama tahun 2019, tingkat kenaikannya adalah yang tertinggi.

Baca: Gendong Jenazah Adiknya, Sosok Bocah Korban Bom Atom Nagasaki Jepang Hingga Kini Masih Jadi Misteri

Lembaga keuangan meningkatkan pinjaman kepada perusahaan dan pemilik tunggal yang arus kasnya menjadi sulit karena efek virus corona.

Sejak Mei tahun ini, mereka mulai memberikan pinjaman nyata, bebas bunga dan tanpa jaminan sejalan dengan langkah-langkah ekonomi pemerintah Jepang.

Pinjaman sebuah perusahaan besar Jepang pun bisa mencapai miliaran yen bebas bunga dan tak ada jaminan apa pun di Jepang.

BERITA TERKAIT

"Ada peningkatan khusus dalam pinjaman riil, tanpa bunga dan tanpa jaminan untuk usaha kecil dan menengah. Laju ini diperkirakan akan melambat secara bertahap, tetapi diperkirakan akan meningkat untuk saat ini," ungkapnya.

Baca: Vaksin Corona akan Disuntikkan ke 1.620 Relawan, Ridwan Kamil: Tidak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

Karena penyebaran infeksi dan berdiam diri di rumah, banyak perusahaan kecil dan menengah belum kembali ke tingkat penjualan semula, sehingga lembaga keuangan cenderung terus menghadapi masalah dengan pembiayaan.

Di sisi lain, saldo simpanan di bank swasta, yang menerima pembayaran tunai seragam 100.000 yen, rata-rata mencapai 786.123.200 juta yen untuk bulan Juli 2020 atau 8,3 persen lebih tinggi dari bulan yang sama tahun lalu, dan tingkat kenaikannya adalah yang terbesar.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com. Buku "Rahasia Ninja di Jepang" terbit 1 September 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas