Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KJRI Pastikan WNI di Chicago Dalam Kondisi Aman

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago menyatakan kondisi warga negara Indonesia (WNI) di kota tersebut aman.

KJRI Pastikan WNI di Chicago Dalam Kondisi Aman
AFP/Roberto Schmidt
Ilustrasi kerusuhan di amerika serikat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago menyatakan kondisi warga negara Indonesia (WNI) di kota tersebut aman.

Diketahui sebelumnya kerusuhan dan pejarahan terjadi di Chicago.

"Sesuai hasil pemantauan KJRI Chicago, warga masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya dalam keadaan aman dan telah diimbau melalui media sosial KJRI serta jalur komunikasi lainnya agar menghindari tempat-tempat terjadinya aksi kerusuhan," ujar Herry Laksono Maryadi, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KJRI Chicago, saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (11/8/2020).

Baca: WNI Diimbau Berdiam di Rumah, Jauhi Lokasi Kerusuhan di Chicago

Ia melanjutkan, WNI dan masyarakat Indonesia kebanyakan tinggal di pinggir kota Chicago atau jauh dari tempat kerusuhan dan penjarahan.

"Alhamdulillah warga kita dalam keadaan aman. Tidak ada laporan WNI yang terdampak. Tempat kejadian posisinya di tengah kota Chicago yang seketika kejadian langsung ditutup aksesnya oleh polisi," kata dia.

Baca: Polisi Chicago Tangkap 100 Orang Lebih Buntut Kerusuhan dan Penjarahan

"WNI umumnya tinggal di pinggir kota Chicago, jauh dari tempat kejadian di tengah kota/downtown. Demikian halnya mahasiswa, umumnya jauh di daerah utara maupun selatan," jelas Herry.

Dari catatan KJRI, jumlah WNI yang terdapat di Amerika Serikat tersebar di 9 kota yakni, Chicago (864 orang), Minneapolis dan St Paul (272), Detroit (334), Des Moines (36), Cincinnati (81), Columbus (277), Cleveland (68), Toledo (31), dan Dayton (27).

Kerusuhan dan Penjarahan

Diketahui, aksi kerusuhan dan penjarahan terjadi mulai Senin, 10 Agustus 2020, tengah malam hingga dini hari.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas