Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pertama Kali, Universitas Tokyo Jepang Mengeluarkan Obligasi Todai 20 Miliar Yen untuk Penelitian

Universitas Tokyo akan menerbitkan "obligasi universitas" untuk pertama kalinya sebagai universitas nasional pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Pertama Kali, Universitas Tokyo Jepang Mengeluarkan Obligasi Todai 20 Miliar Yen untuk Penelitian
Foto Wiki
Universitas Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Untuk pertama kali dalam sejarah, Universitas Tokyo (milik pemerintah Jepang), menerbitkan obligasi Universitas Todai guna mengumpulkan dana 20 miliar yen untuk pengembangan penelitian antara lain pembuatan vaksin anti Corona.

"Tujuannya untuk memperkuat kegiatan penelitian dengan mendapatkan dana yang bebas digunakan tanpa mengandalkan hibah dari pemerintah," papar sumber Tribunnews.com, Sabtu (22/8/2020).

Universitas Tokyo akan menerbitkan "obligasi universitas" untuk pertama kalinya sebagai universitas nasional pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Kini sedang mempersiapkan perusahaan sekuritas yang akan menjualnya.

Baca: Besok Taifun No.8 Memasuki Okinawa Jepang, Disusul Kyushu

"Dengan sistem membayar bunga setiap tahun dan membayar kembali 40 tahun kemudian, kami akan mengumpulkan 20 miliar yen dari pasar untuk membangun fasilitas penelitian mutakhir dan menggunakannya untuk mencegah infeksi virus corona baru," jelasnya.

Universitas Tokyo memiliki tujuan untuk memperkuat kegiatan penelitian dan meningkatkan daya saing dengan mengamankan dana yang bebas digunakan.

"Karena kami sedang mempertimbangkan untuk mengumpulkan dana 100 miliar yen selama 10 tahun ke depan, kami berencana untuk mengembalikan hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan dana tersebut kepada masyarakat," ujarnya.

Seiring dengan pengetatan keuangan negara dan penurunan dana hibah untuk universitas nasional, pemerintah mengurangi persyaratan untuk menerbitkan obligasi universitas pada bulan Juni 2020 ini, sehingga mempermudah penggalangan dana.

Baca: Petani Ini Menggarap Ladang di Tengah Bandara Tersibuk di Jepang Karena Menolak Lahannya Digusur

Penerbitan ini merupakan edisi pertama Obligasi Universitas di Universitas Tokyo.

Mengamankan sumber daya keuangan untuk menjalankan universitas adalah masalah umum di universitas nasional, dan upaya serupa kemungkinan besar akan menyebar di masa depan ke berbagai universitas di Jepang.

Sementara itu Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, akan terbit 1 September 2020, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas