Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ribuan Masjid di Xinjiang Dihancurkan, Termasuk Masjid Bersejarah Dibangun 1540: Jadi Lahan Parkir

Foto-foto citra satelit memperlihatkan masjid-masjid yang dulunya ada kini sudah tidak ada di sebagian besar masjid di Xinjiang.

Editor: haerahr
zoom-in Ribuan Masjid di Xinjiang Dihancurkan, Termasuk Masjid Bersejarah Dibangun 1540: Jadi Lahan Parkir
Kevin Frayer/Getty Images via Guardian
Bendera China berkibar berkibar di atas masjid yang sudah ditutup oleh pihak berwenang di Kota Tua Kashga, China. Sebuah masjid bersejarah yang dibangun pada 1540, Masjid Agung Kashga, sudah dihancurkan oleh pemerintah China. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ribuan masjid di Xinjiang telah dirusak atau dihancurkan hanya dalam tiga tahun terakhir, menyisakan lebih sedikit di wilayah itu daripada kapan pun sejak Revolusi Kebudayaan, menurut laporan tentang penindasan China terhadap minoritas Muslim.

Pengungkapan tersebut terkandung dalam proyek data ekspansif oleh Australian Strategic Policy Institute (ASPI), yang menggunakan citra satelit dan pelaporan di lapangan.

Proyek ini untuk memetakan pembangunan kamp penahanan yang ekstensif dan berkelanjutan serta penghancuran situs budaya dan agama di utara.

ASPI mengatakan pemerintah China mengklaim bahwa ada lebih dari 24.000 masjid di Xinjiang dan berkomitmen untuk melindungi dan menghormati keyakinan agama tidak didukung oleh temuan tersebut.

Saat ini, menurut pemerintah China memperkirakan ada 15.000 masjid yang masih berdiri, namun lebih dari setengahnya rusak.

"Ini adalah angka terendah sejak Revolusi Kebudayaan, ketika kurang dari 3.000 masjid tersisa," kata laporan itu, dikutip The Guardian, Jumat (25/9/2020).

Baca: TERUNGKAP, China Telah Bangun 360 Kamp Interniran untuk Penahanan Jutaan Muslim Uighur

masjidOK 001
Foto citra satelit memperlihatkan sebuah masjid di Jalan Nanyuan, Xinjiang, masih berdiri pada 2017 (foto kiri). Pada 2018 (foto kanan), masjid sudah tidak ada dan kawasan itu berubah menjadi lahan parkir. (DIGITAL GLOBE/PLANET LABS/ASPI)

Ditemukan sekitar dua pertiga masjid di daerah itu terpengaruh, dan sekitar 50% situs budaya yang dilindungi telah rusak atau hancur, termasuk penghancuran total Ordam mazar (tempat suci), sebuah situs kuno ziarah yang berasal dari abad ke-10.

BERITA TERKAIT

BACA SELENGKAPNYA --->

Sumber: TribunnewsWiki
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas