Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Presiden Biden di White House, Wapres Kamala Harris Tinggal di Gedung Berumur 128 Tahun

Gedung besar  berkamar enam seluas 1.200 meter persegi itu dinamai Naval Observatory atau Number One Observatory Circle.

Presiden Biden di White House, Wapres Kamala Harris Tinggal di Gedung Berumur 128 Tahun
WHITE HOUSE/NEWYORKPOST
Gedung berusia 128 tahun di Washington DC ini jadi kediaman resmi Wapres AS sejak 1974 era Walter Mondale. Bangunan ini diberi nama Umber One Observatory Circle atau Naval Observatory. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Presiden AS identik dengan Gedung Putih (White House). Ini gedung resmi tempat tinggal Presiden dan keluarga selama menjabat, sekaligus Istana Kepresidenan AS.

Gedung Putih juga jadi satu di antara simbol super power Amerika Serikat selama berdekade. Presiden AS Joseph ‘Joe” Biden langsung menempati dan bekerja di Gedung Putih begitu dilantik, 20 Januari 2021.

Lalu di mana Wakil Presiden Kamala Devi Harris (52) tinggal bersama keluarganya? Kamala seperti pendahulunya, akan tinggal di gedung tua berusia 128 tahun.

New York Post menulis Kamis (21/1/2021), gedung besar  berkamar enam seluas 1.200 meter persegi itu dinamai Naval Observatory atau Number One Observatory Circle.

Kamala Harris (kiri didampingi suaminya, Doug Emhoff, dilantik oleh Hakim Sonia Sotomayor (kanan)  sebagai Wakil Presiden AS ke-49 oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor pada Januari 20, 2021, di US Capitol di Washington, DC.
Kamala Harris (kiri didampingi suaminya, Doug Emhoff, dilantik oleh Hakim Sonia Sotomayor (kanan) sebagai Wakil Presiden AS ke-49 oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor pada Januari 20, 2021, di US Capitol di Washington, DC. (Andrew Harnik / POOL / AFP)

Lokasinya berada di Washington DC, jaraknya sekitar 10 menit perjalanan menggunakan mobil ke Gedung Putih. Ke Gedung Capitol tempat Kongres sekitar 20 menit.

Luas tanah Naval Observatory 7.200 meter persegi. Bangunan berlantai tiga ini nuansanya batu bata dan kayu di fasadnya.

Bangunan ini didesain arsitek Leon E Dessez (Washington) pada 1893. Gedung besar ini semula dibangun untuk anggota US Naval Observatory.

Gedung tua ini mulai ditempati  sebagai kediaman wakil presiden saat Walter Mondale menjabat orang nomer dua di AS pada 1974.

Wapres sebelumnya tetap tinggal di kediaman aslinya, atau bermalam di hotel dekat Gedung Putih dan Gedung Kongres Capitol, jika ada tugas mendadak di ibukota.

Bersama suaminya, Doug Emhoff dan anak-anaknya, Kamala Harris akan mendiami gedung itu selama masa jabatanya hingga 2025.

Halaman
123
Editor: Setya Krisna Sumarga
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas