Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

RI Dorong Penguatan Kerja Sama Penanggulangan Bencana antara Italia dan Negara ASEAN

Indonesia mendorong penguatan kerja sama penanggulangan bencana antara Italia dan negara ASEAN.

RI Dorong Penguatan Kerja Sama Penanggulangan Bencana antara Italia dan Negara ASEAN
dok KBRI Roma
Dubes RI Roma, Esti Andayani dalam pelatihan Online Training Course on Civil Protection, Rabu (3/2/2021) 

TRIBUNNEWS.COM – Indonesia mendorong penguatan kerja sama penanggulangan bencana antara Italia dan negara ASEAN.

Dubes RI Roma, Esti Andayani menekankan pentingnya peningkatan kerja sama penanggulangan bencana, mengingat letak geografis Italia dan ASEAN yang rawan terhadap bencana alam.

"Kita (Italia dan Negara ASEAN)  terletak di wilayah rawan bencana alam. Negara anggota ASEAN menyadari pentingnya upaya penanggulangan bencana alam ini baik pada level nasional maupun regional melalui ASEAN,” kata Dubes Esti dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Dalam rangka memperkuat kerja sama penanggungan bencana alam antara Italia dan negara ASEAN, Pemerintah Italia menyelenggarakan pelatihan Online Training Course on Civil Protection.

Acara ini dihadiri peserta khusus dari negara anggota ASEAN, dan ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance and Emergency Responses (AHA) Center.

Dubes Esti menjelaskan beberapa capaian penting ASEAN di bidang penanggulangan bencana alam ini seperti persetujuan ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Responses (AADMER) tahun 2005.

Baca juga: Dubes RI Undang Swedia Kerja Sama Kembangkan Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Termasuk pendirian AHA Center di Jakarta pada tahun 2011, Deklarasi One ASEAN One Response, ASEAN Vision 2025 on Disaster Management, dan AADMER Work Programme2021-2025.

"Kursus online kali ini tentunya menunjukkan pentingnya kerja sama, saling membagi pengalaman, pengetahuan dan keahlian di bidang penanggulangan bencana alam, serta membuktikan bahwa kemitraan ASEAN - Italia bermanfaat bagi kita semua,” kata Esti.

Dubes RI Roma juga menjelaskan upaya penanggulangan bencana alam di Indonesia, termasuk peran, tugas dan fungsi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta koordinasi yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Online Training Course on Civil Protection yang diselenggarakan Pemerintah Italia ini terdiri dari 2 (dua) kursus yakni pelatihan Sistim Peringatan Dini dan pelatihan Manajemen Risiko Bencana dan Peningkatan Kesadaran Publik terkait bencana.

Tercatat 24 peserta kursus dari negara anggota ASEAN, serta AHA Center. Dalam program ini, BNPB Indonesia mengirimkan 3 orang peserta dalam dua kursus dimaksud.

“Kami, ASEAN Committee in Rome, ACR, tentunya akan terus mendukung penguatan kerja sama tersebut," kata Esti yang juga Ketua ACR.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas