Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran dan Qatar Bahas Kesepakatan Nuklir dalam Pembicaraan Tingkat Tinggi di Teheran

Teheran dan Qatar membahas kesepakatan nuklir Iran dengan kekuatan dunia dalam pembicaraan tingkat tinggi pertama di Teheran.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Iran dan Qatar Bahas Kesepakatan Nuklir dalam Pembicaraan Tingkat Tinggi di Teheran
NPR.ORG
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Terbaru, Iran dan Qatar Bahas Kesepakatan Nuklir dalam Pembicaraan Tingkat Tinggi di Teheran 

TRIBUNNEWS.COM - Teheran dan Qatar membahas kesepakatan nuklir Iran dengan kekuatan dunia.

Kedua negara tersebut meletakkan dasar bagi Doha untuk bertindak sebagai mediator antara Iran dan saingan Arab di kawasan itu selama pembicaraan tingkat tinggi pertama di Teheran.

Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani memimpin delegasi Qatar pada Senin (15/2/2021), yang bertemu dengan Presiden Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

Mengutip Al Jazeera, Rouhani mengatakan, hubungan antara kedua negara harus terus memperkuat dan membahas kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia.

Baca juga: Remaja 14 Tahun Dirudapaksa 3 Pria secara Bergiliran di Mobil & Gubuk, Diduga dari Malam hingga Pagi

Baca juga: 80 Orang Cedera, Pembangkit Nuklir Fukushima Jepang Aman, Jalan Tol Joban Tohoku Ditutup Satu Jalur

Foto Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif selama upacara pelantikan Presiden Bolivia baru Luis Arce Catacora, di La Paz, pada 8 November 2020.
Foto Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif selama upacara pelantikan Presiden Bolivia baru Luis Arce Catacora, di La Paz, pada 8 November 2020. (Enzo DE LUCA / ABI / AFP)

Sebelumnya, secara sepihak ditinggalkan mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 2018 kemudian menjatuhkan sanksi keras terhadap Iran.

Dia mengatakan kampanye "tekanan maksimum" serta sanksi ekonomi telah gagal dan pemerintahan Biden, yang sejauh ini bersikeras bahwa Iran kembali ke komitmennya di bawah kesepakatan terlebih dahulu untuk mencabut sanksi, tidak akan memiliki jalan lain selain memulihkan kesepakatan.

"Begitu AS mencabut sanksi ilegalnya dan kembali ke hukum, Iran akan segera kembali ke semua komitmennya berdasarkan kesepakatan," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Iran secara bertahap mengurangi komitmennya setahun setelah Trump meninggalkan kesepakatan, dan mengatakan akan membatasi inspeksi nuklir internasional mulai 21 Februari sesuai undang-undang parlemen jika dianggap pihak lain masih tidak mematuhi komitmen mereka.

Baca juga: Wanita Ini Rekam Video Syur dengan Kekasihnya di Pangkalan Rahasia Kapal Selam Nuklir Lalu Dijual

Baca juga: Menlu Iran Javad Zarif Desak Biden Segera Kembali ke Kesepakatan Nuklir

Foto satelit pada 11 Desember 2020 ini oleh Maxar Technologies menunjukkan pembangunan fasilitas nuklir Fordo Iran. Iran telah memulai pembangunan di sebuah situs di fasilitas nuklir bawah tanahnya di Fordo di tengah ketegangan dengan AS atas program atomnya, foto satelit diperoleh Jumat, 18 Desember 2020, oleh The Associated Press show. (AP)
Foto satelit pada 11 Desember 2020 ini oleh Maxar Technologies menunjukkan pembangunan fasilitas nuklir Fordo Iran. Iran telah memulai pembangunan di sebuah situs di fasilitas nuklir bawah tanahnya di Fordo di tengah ketegangan dengan AS atas program atomnya, foto satelit diperoleh Jumat, 18 Desember 2020, oleh The Associated Press show. (AP) (AP)

Qatar Berupaya Kurangi Ketegangan di Kawasan

Menteri Luar Negeri Qatar terus menganjurkan agar AS segera kembali ke kesepakatan nuklir.

"Kami berharap dengan kembalinya AS ke kesepakatan nuklir secepat mungkin, tantangan dan sanksi dapat diringankan dalam kerangka kesepakatan dan Qatar tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mewujudkannya," kata Al Thani.

Qatar telah berupaya untuk mengurangi ketegangan di kawasan dengan mengadvokasi kembalinya kesepakatan nuklir selama lebih dari setahun, sesuatu yang disambut baik Iran.

Setelah beberapa negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), termasuk musuh bebuyutan Iran, Arab Saudi, mencabut blokade darat, laut dan udara di Qatar pada awal Januari, Qatar mengatakan perkembangan itu tidak akan memengaruhi hubungannya dengan Iran.

Hubungan dengan Iran adalah salah satu alasan yang dikutip untuk blokade di Qatar dan salah satu syarat awal untuk mencabut blokade tersebut adalah memutuskan hubungan dengan Teheran.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas