Tribun

Penanganan Covid

Penasihat Mantan Presiden AS: Sebelum Tinggalkan Gedung Putih, Trump dan Melania Sudah Divaksinasi

Donald Trump dan sang istri Melania dikabarkan sudah divaksinasi virus corona pada Januari 2021, sebelum meninggalkan Gedung Putih.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Penasihat Mantan Presiden AS: Sebelum Tinggalkan Gedung Putih, Trump dan Melania Sudah Divaksinasi
JOE RAEDLE via AFP
Mantan Presiden AS Donald Trump berpidato di Conservative Political Action Conference (CPAC) yang diadakan di Hyatt Regency pada 28 Februari 2021 di Orlando, Florida. 

TRIBUNNEWS.COM - Penasihat mantan Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, Trump dan sang istri Melania sudah divaksinasi virus corona pada Januari 2021, sebelum meninggalkan Gedung Putih.

"Presiden Trump dan Ibu Negara divaksinasi di Gedung Putih pada Januari," kata penasihat itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Joe Biden, yang mengambil alih sebagai presiden pada 20 Januari 2021, divaksinasi secara terbuka terhadap virus corona pada 21 Desember 2020.

Mengutip France24, hingga berita Biden mendapatkan vaksinasi, kapan Trump divaksinasi belum terungkap.

Baca juga: Pidato Donald Trump di CPAC 2021: Terus Serang Joe Biden, Beri Isyarat akan Maju Pilpres AS 2024

Baca juga: Pendukung Trump Ingin Ledakkan Capitol AS dan Bunuh Anggota Kongres

Mantan Presiden AS Donald Trump berpidato di Conservative Political Action Conference (CPAC) yang diadakan di Hyatt Regency pada 28 Februari 2021 di Orlando, Florida.
Mantan Presiden AS Donald Trump berpidato di Conservative Political Action Conference (CPAC) yang diadakan di Hyatt Regency pada 28 Februari 2021 di Orlando, Florida. (JOE RAEDLE via AFP)

Dalam pidato Trump pada Minggu (28/2/2021), Trump menegaskan, setiap orang harus divaksinasi Covid-19.

Di sisi lain, beberapa pendukung Trump telah menyatakan skeptis tentang vaksinasi.

Baca juga: FOTO Bekas Trump Plaza Hotel dan Kasino di Atlantic City Dihancurkan, Tutup Sejak 2014

Trump Positif Covid-19

Diketahui, Trump pernah terserang Covid-19 pada awal Oktober dan dirawat di rumah sakit selama beberapa hari di pinggiran kota Washington.

Dia dipindahkan ke Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland pada Jumat (2/10/2020) sore setelah diagnosis Covid-19.

Mengutip SCMP, Sabtu (3/10/2020), sebelumnya tersiar kabar bila Trump akan memulihkan diri dari Covid-19 di Gedung Putih.

Donald Trump melambaikan tangan saat dia menaiki Marine One di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021.
Donald Trump melambaikan tangan saat dia menaiki Marine One di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021. (MANDEL NGAN / AFP)

Saat dipindahkan, Trump terlihat berjalan sendiri mengenakan setelan gelap dengan dasi biru menuju helikopter Marine One sekitar pukul 18.20 waktu setempat.

Dalam video berdurasi 18 detik yang direkam di dalam Gedung Putih dan diunggah di Twitter, Trump mengaku kondisinya baik-baik saja.

"Saya pikir saya baik-baik saja. Kami akan memastikan semuanya berjalan lancar," katanya.

Ia menambahkan, Melania juga dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Pangeran Charles Dikabarkan Ingin Bertemu Langsung dengan Presiden AS Joe Biden

Presiden AS Joe Biden menyampaikan sambutan tentang perawatan kesehatan, di Ruang Oval Gedung Putih, Kamis, 28 Januari 2021, di Washington.
Presiden AS Joe Biden menyampaikan sambutan tentang perawatan kesehatan, di Ruang Oval Gedung Putih, Kamis, 28 Januari 2021, di Washington. (Associated Press)

Joe Biden Divaksinasi di Secara Terbuka di Hadapan Publik

Joe Biden menerima suntikan vaksin Covid-19 secara terbuka di hadapan publik untuk menunjukkan keamanan vaksin kepada masyarakat.

"Orang-orang telah kehilangan kepercayaan pada kemampuan vaksin untuk bekerja," kata Biden kepada CNN pada Kamis (3/12/2020) waktu setempat.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas