Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aparat Keamanan Myanmar Kepung dan Tangkap Demonstran di Yangon

Aparat keamanan Myanmar menembakkan gas air mata dan mengepung ratusan demonstran anti-junta militer di dua tempat di Yangon

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sanusi
zoom-in Aparat Keamanan Myanmar Kepung dan Tangkap Demonstran di Yangon
STR / AFP
Seorang pengunjuk rasa memegang poster yang menampilkan kepala angkatan bersenjata Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing selama demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon pada 9 Maret 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM,YANGON - Aparat keamanan Myanmar menembakkan gas air mata dan mengepung ratusan demonstran anti-junta militer di dua tempat di Yangon pada Rabu (10/3/2021).

Hal itu disampaikan para saksi, mendorong Kedutaan Besar AS untuk menyerukan penarikan aparat keamanan.

Hari ini, polisi menyerbu sebuah kompleks perumahan pekerja kereta api di Yangon dan mengepung ratusan demonstran di distrik Okkalapa Utara, di bagian lain kota.

Baca juga: Kisah Biarawati Myanmar Berlutut pada Polisi Bersenjata: Jangan Tembak Anak-anak, tapi Tembak Saya

Lebih dari 100 orang ditangkap di dua lokasi itu, kata para saksi mata, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/3/2021).

Banyak pekerja kereta api adalah bagian dari gerakan pembangkangan sipil yang telah melumpuhkan bisnis pemerintah dan termasuk mendorong mogok kerja di bank, pabrik dan toko sejak tentara mengkudeta pemerintahan sah Aung San Suu Kyi.

"Kami melihat laporan tentang mahasiswa dan warga sipil yang tidak bersalah yang dikepung oleh pasukan keamanan di Okkalapa Utara, serta penangkapan," kata Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Cerita Polisi di Myanmar Tolak Tembak Mati Demonstran, Pilih Mundur hingga Larikan Diri ke India

BERITA TERKAIT

"Kami menyerukan kepada aparat keamanan untuk menarik diri dari daerah itu, membebaskan mereka yang ditahan, dan memungkinkan orang untuk pergi dengan selamat."

Polisi dan pejabat angkatan darat tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar terkait peristiwa tersebut.

Pada hari Selasa, Zaw Myat Linn, seorang pejabat dari Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi (NLD), meninggal dalam tahanan setelah dia ditangkap. Dia adalah tokoh partai kedua yang meninggal dalam tahanan.

"Dia telah berpartisipasi terus menerus dalam aksi protes," kata Ba Myo Thein, anggota majelis tinggi parlemen yang dibubarkan. Penyebab kematiannya tidak jelas.

Dalam siaran langsung Facebook sebelum dia ditahan, Zaw Myat Linn mendesak orang-orang untuk terus melawan junta militer, "bahkan jika itu harus mengorbankan nyawa sekalipun.”

Lebih dari 60 demonstran telah tewas dan 1.900 orang telah ditangkap dalam kekacauan di Myanmar sejak kudeta 1 Februari, demikian data Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.(Reuters)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas