Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Tunisia Terima 93.600 Dosis Vaksin COVAX Pada Batch Pertama

Tunisia telah menerima 93.600 dosis vaksin virus corona (Covid-19) Pfizer batch pertama melalui fasilitas COVAX.

Tunisia Terima 93.600 Dosis Vaksin COVAX Pada Batch Pertama
Nipah Dennis / AFP
Foto yang diambil pada 24 Februari 2021 ini menunjukkan logo Emirates Airlines di sebelah tag Covax pada pengiriman vaksin Covid-19 dari program vaksinasi Covid-19 global Covax, di Bandara Internasional Kotoka di Accra. Ghana menerima pengiriman pertama vaksin Covid-19 dari Covax, skema global untuk mendapatkan dan mendistribusikan inokulasi secara gratis, saat dunia berlomba untuk mengatasi pandemi. Covax, diluncurkan April lalu untuk membantu memastikan distribusi yang lebih adil dari vaksin virus korona antara negara kaya dan miskin, mengatakan akan memberikan dua miliar dosis kepada anggotanya pada akhir tahun. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, TUNIS - Tunisia telah menerima 93.600 dosis vaksin virus corona (Covid-19) Pfizer batch pertama melalui fasilitas COVAX.

Pengiriman ini merupakan bagian dari gelombang kedatangan pertama yang akan berlanjut sepanjang tahun 2021 dan menargetkan vaksinasi terhadap 20 persen penduduk Tunisia.

Seperti yang disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Tunisia, Faycal Ben Salah.

"Pengiriman ini merupakan langkah penting dalam perang melawan Covid-19, dan Tunisia dengan senang hati menerima batch pertama vaksin ini melalui inisiatif COVAX," kata Ben Salah.

Dikutip dari laman Relief Web, Jumat (19/3/2021), negara ini mencoba memulai kampanye vaksinasi secara baik dan berkomitmen untuk menyediakan vaksin secara gratis bagi warganya.

Baca juga: 3 Negara di Benua Amerika Ini Terima Vaksin COVAX

"Dengan cara menjamin akses bagi semua penduduk Tunisia yang berusia 18 tahun ke atas terhadap vaksin tanpa perlakuan diskriminasi. Kami yakin kampanye vaksinasi nasional yang diluncurkan pada 13 Maret lalu ini memungkinkan kami untuk melakukan vaksinasi orang-orang yang menjadi prioritas dimanapun di seluruh negeri," tegas Ben Salah.

Baca juga: Yordania Terima 144.000 Vaksin COVAX yang Didanai Uni Eropa

Ben Salah menutup pernyataannya dengan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan mitra yang memungkinkan Tunisia menerima vaksin ini melalui Fasilitas COVAX.

Termasuk kepada Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Tunisia yang memungkinkan percepatan prosedur dalam pengadaan dan pengiriman.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Habis Terpakai dalam 6 Hari

Sementara itu, Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Tunisia, Dr. Yves Souteyrand menegaskan bahwa vaksinasi merupakan salah satu cara terbaik dalam melindungi sistem kesehatan di negara itu.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas