Tribun

Indonesia Bakal Dapat 70 Miliar Yen dari Jepang untuk Pembangunan Infrastruktur Patimban

Indonesia akan menerima bantuan Overseas Development Assistance sebesar 70 miliar yen dari Jepang untuk pembangunan infrastruktur proyek Patimban.

Editor: Dewi Agustina
Indonesia Bakal Dapat 70 Miliar Yen dari Jepang untuk Pembangunan Infrastruktur Patimban
Foto Jiji
Suasana pertemuan antara Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan menerima bantuan ODA (Overseas Development Assistance) sebesar 70 miliar yen dari Jepang untuk keperluan pembangunan infrastruktur proyek Patimban di Jawa Barat.

"Pelabuhan Patimban dikembangkan untuk mewujudkan "Indo-Pasifik Bebas dan Terbuka" (FOIP) dan "ASEAN Outlook on the Indo-Pacific" (AOIP), terutama sebagai inisiatif untuk meningkatkan konektivitas melalui kerja sama infrastruktur. Oleh karena itu melalui pemberian pinjaman ODA kami akan sampaikan dana sekitar 70 miliar yen kepada Indonesia," ungkap Menlu Toshimitsu Motegi kepada Menlu Retno Marsudi, Senin (29/3/2021).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Retno menyampaikan terima kasih atas kerja sama Jepang dan menyatakan ingin mempererat kerja sama lebih baik lagi di bidang infrastruktur dengan Jepang.

Akses jalan ke Pelabuhan Patimban, Jawa Barat.
Akses jalan ke Pelabuhan Patimban, Jawa Barat. (Kementerian PUPR)

Selain hal tersebut, Menteri Motegi juga mendesak penghapusan pembatasan impor produk makanan Jepang saat memasuki Indonesia.

"Kami berharap produk makanan Jepang dapat lebih mudah lagi memasuki pasar Indonesia," papar menteri Motegi.

Selain itu, Menteri Motegi meminta kerja sama Indonesia untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo tahun ini dan Osaka-Kansai Expo 2025.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Resmi Dikelola PT Pelabuhan Patimban Internasional dengan Skema KPBU

Baca juga: Pelabuhan Patimban Diklaim Mampu Tumbuhkan Investasi di Kawasan Industri Jawa Barat

"Kami berharap kedua event terlaksana dengan baik, khususnya olahraga Internasional yang diselenggarakan Jepang akan berhasil dengan baik nantinya, terutama yang akan diselenggarakan tahun ini yaitu Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo," tanggap Menlu Retno.

Selasa (30/3/2021) jam 10.40 pagi ini Menlu Retno dan Menhan Prabowo Subianto dijadwalkan akan bertemu dengan PM Jepang Yoshihide Suga.

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas