Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid London Sediakan Makanan Berbuka Puasa untuk Tenaga Kesehatan Selama Ramadan

Masjid London Timur dan Pusat menampung ratusan orang saat matahari terbenam selama bulan suci Ramadan untuk berbuka puasa.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Masjid London Sediakan Makanan Berbuka Puasa untuk Tenaga Kesehatan Selama Ramadan
Foto @ImamAFaruqS and @elondonmosque via Arab News
Masjid di London sediakan makanan berbuka puasa. 

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Masjid tersibuk di London, Inggris, akan menyediakan ribuan makanan berbuka puasa bagi mereka yang membutuhkan dan tenaga kesehatan di rumah sakit setempat pada Bulan Ramadhan ini.

Arab News melaporkan, Kamis (15/4/2021), setiap tahun, Masjid London Timur dan Pusat menampung ratusan orang saat matahari terbenam selama bulan suci Ramadan untuk berbuka puasa.

Namun ini tidak mungkin selama Ramadhan 2021 karena pembatasan Covid-19.

Baca juga: Kabah dan Masjidil Haram Disemprot Pewangi 10 Kali Sehari Selama Ramadhan

Sebaliknya masjid akan mendistribusikan makanan berbuka puasa kepada pekerja garis depan di Rumah Sakit Royal London yang terdekat dan masyarakat setempat yang membutuhkan.

"Salah satu hal besar yang kami lakukan di masjid setiap tahun adalah memberi makan ratusan orang yang datang dan berbuka puasa.”

“Namun, pedoman pemerintah saat ini mengizinkan lembaga keagamaan membuka untuk salat saja dan oleh karena itu kami tidak dapat menyelenggarakan buka puasa," ujar khizar Mohammad, manajer media dan komunikasi masjid.

Inisiatif buka puasa didanai melalui sumbangan publik dan setiap biaya makan bernilai £ 3 (4,12 dolar AS atau sekitar Rp60 ribu).

BERITA TERKAIT

"Kami menyampaikan imbauan setiap tahun dan siapa pun yang ingin memberi makan yang lapar bisa menyumbang," kata Mohammad.

"Memberi makan orang-orang dalam Islam adalah perbuatan baik yang sangat didorong atau dianjurkan baik itu tamu Anda atau orang miskin dan yang membutuhkan. Banyak orang menyumbang untuk program berbuka puasa dan itu didanai oleh mereka."

Karena banyaknya sumbangan pada tahun 2020 dan penutupan masjid di tengah penguncian nasional, program ini juga mendanai makanan berbuka puasa di Bangladesh.

"Kami mendapat banyak sumbangan tahun lalu yang memungkinkan kami untuk memberi makan lebih banyak orang - tidak hanya secara lokal tetapi juga internasional," tambah Mohammad.

Makanan bervariasi, tetapi selalu ada pilihan daging dan vegetarian, dan buah, kurma dan sebotol air atau jus.

"Kami suka memadukan menu karena tidak ingin memberi mereka makanan yang sama selama 30 hari berturut-turut. Biryani selalu ada di menu di beberapa titik karena popularitasnya," kata Mohammad.

Masjid ini telah menyediakan makanan untuk pekerja garis depan setiap minggu selama pandemi.

"Rumah Sakit Royal London dekat dan kami telah menyediakan staf makanan sepanjang lockdown sebagai isyarat terima kasih. Selama Ramadan, makanan ini akan diberikan setiap hari, tidak lagi mingguan," kata Mohammad. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas