Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Krisis Myanmar

KTT ASEAN Bahas Krisis Myanmar di Tengah Uni Eropa Perluas Sanksi Kepada Junta Militer

Negara-negara Asia Tenggara akan membahas krisis di Myanmar pada pertemuan puncak di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021).

KTT ASEAN Bahas Krisis Myanmar di Tengah Uni Eropa Perluas Sanksi Kepada Junta Militer
Tribunnews/Jeprima
Massa menggelar aksi solidaritas untuk Myanmar di depan Gedung ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (12/3/2021). Dalam aksi solidaritas tersebut massa mengutuk keras terjadinya kudeta militer dan mendesak penegakan demokrasi serta perlindungan HAM di Myanmar. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Negara-negara Asia Tenggara akan membahas krisis di Myanmar pada pertemuan puncak di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021).

Beberapa negara memilih untuk mengirim menteri daripada kepala pemerintahan.

Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang berjumlah 10 orang telah berusaha membimbing Myanmar, untuk mencari solusi dari kekacauan berdarah yang dipicu oleh penggulingan militer pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Tetapi prinsip-prinsip konsensus dan non-gangguan ASEAN telah membatasi kemampuan organisasi Asia Tenggara itu  untuk mengatasi pandangan berbeda tentang cara menanggapi pembunuhan yang dilakukan militer terhadap ratusan warga sipil.

Baca juga: Jelang KTT Bahas Myanmar, 10 Menlu ASEAN Akan Gelar Pertemuan Jumat Besok 

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/4/2021), media lokal mengatakan setidaknya enam penduduk desa telah tewas pada hari Selasa (20/4/2021), oleh aparat keamanan junta.

Setelah sekretariat ASEAN mengumumkan pertemuan puncak, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mengatakan dia akan diwakili oleh wakilnya, Don Pramudwinai, yang juga Menteri Luar Negeri.

"Beberapa negara lain juga akan mengirim menteri luar negeri mereka," kata Prayuth, mantan kepala tentara yang memimpin kudeta di Thailand pada 2014, kepada wartawan.

Baca juga: PM Thailand Akan Absen dalam KTT ASEAN di Jakarta yang Bahas Krisis Myanmar

Seorang pejabat pemerintah Thailand mengatakan pada hari Sabtu pekan lalu, pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing akan hadir ke Jakarta, meskipun pemerintah Myanmar belum berkomentar.

Namun, pada periode pemerintahan militer sebelumnya, Myanmar biasanya telah diwakili pada pertemuan regional oleh perdana menteri atau menteri luar negeri.

Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura semuanya telah berusaha memberikan tekanan pada junta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas