Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kyrgystan-Tajikistan Bentrok di Perbatasan, Rusia Tengahi Potensi Konflik Susulan

Kyrgyzstan dan Tajikistan, yang merupakan bekas republik Soviet, menjadi tuan rumah pangkalan militer Rusia.

Kyrgystan-Tajikistan Bentrok di Perbatasan, Rusia Tengahi Potensi Konflik Susulan
Kyrgystan Presidential/BBC
Foto memperlihatkan terjadinya bentrok bersenjata di perbatasan negara Kyrgystan dan Tajikistan di Asia Tengah. Bentrok dipicu perebutan sumber daya air di kawasan tapal batas yang rumit. 

TRIBUNNEWS.COM, BISHKEK -  Kyrgyzstan dan Tajikistan telah menyetujui apa yang mereka sebut gencatan senjata lengkap.

Perdamaian dicapai setelah terjadi bentrokan perbatasan awal pekan ini yang menewaskan 49 orang dan melukai puluhan lainnya.

Kepala badan keamanan negara mengumumkan kesepakatan itu dalam pertemuan bersama Sabtu (1/5/2021) di Kirgistan.

Pertemuan digelar beberapa jam setelah dinas penjaga perbatasan Kirgistan mengatakan pasukan Tajik melepaskan tembakan ke kendaraan Kirgiz di sisi perbatasan mereka.

Presiden kedua negara Asia Tengah juga berbicara melalui telepon pada hari yang sama untuk membahas langkah-langkah lebih lanjut.

“Tragedi yang terjadi di daerah perbatasan tidak boleh terjadi lagi,” kata Saimumin Yatiyev, Kepala Komite Keamanan Nasional Negara Tajikistan dikutip Aljazeera, Minggu (2/5/2021).

Ia berdiri di samping timpalannya dari Kirgistan, Kamchybek Tashiyev. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berbicara melalui telepon dengan mitranya di kedua Negara.

Ia mendesak mereka untuk tetap berpegang pada perjanjian gencatan senjata. Pernyataan dirilis Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kyrgyzstan dan Tajikistan, yang merupakan bekas republik Soviet, menjadi tuan rumah pangkalan militer Rusia dan menganggap Moskow sebagai sekutu strategis.

Kirgistan sebelumnya pada Sabtu menuduh tetangganya Tajikistan membangun pasukan dan peralatan militer di dekat perbatasan mereka.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Setya Krisna Sumarga
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas