Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biden Puji Kesepakatan Gencatan Senjata di Jalur Gaza antara Israel-Hamas

Joe Biden pada Kamis (20/5/2021) menyambut baik kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Biden Puji Kesepakatan Gencatan Senjata di Jalur Gaza antara Israel-Hamas
Brendan Smialowski / AFP
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang panduan CDC terbaru tentang masker untuk orang-orang yang telah divaksinasi penuh selama acara di depan Gedung Putih 27 April 2021, di Washington, DC. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis (20/5/2021) menyambut baik kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Melansir Al Jazeera, Biden juga menekankan, secara militer, AS akan terus mendukung Israel.

"Amerika Serikat sepenuhnya mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket tanpa pandang bulu oleh Hamas dan kelompok teroris yang berbasis di Gaza lainnya, yang telah merenggut nyawa warga sipil yang tidak bersalah," ucap Biden dalam sambutannya di Gedung Putih, Washington.

"Permusuhan ini telah mengakibatkan banyak warga sipil mengalami kematian tragis, termasuk anak-anak," katanya,

"Saya mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada semua keluarga, Israel dan Palestina, yang telah kehilangan orang yang dicintai," imbuh Biden.

Baca juga: Panggilan Telepon Keempat Biden dan Netanyahu, Bahas Jalan Menuju Gencatan Senjata Israel-Palestina

Presiden AS Joe Biden berpidato di sesi gabungan Kongres saat Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi bertepuk tangan di Capitol AS di Washington, DC, pada 28 April 2021.
Presiden AS Joe Biden berpidato di sesi gabungan Kongres saat Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi bertepuk tangan di Capitol AS di Washington, DC, pada 28 April 2021. (Melina Mara / POOL / AFP)

Sebelumnya, pada panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Biden memuji Israel yang mengakhiri konflik 11 hari.

Di kesempatan tersebut, Biden juga meyakinkan Netanyahu bahwa AS akan melanjutkan dukungan militernya untuk Israel.

BERITA TERKAIT

Joe Biden menuturkan dia telah berbicara dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas sebagai bagian dari "keterlibatan diplomatik yang intens".

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada rakyat Mesir atas peran mereka dalam menengahi perjanjian tersebut.

Biden mengatakan, AS akan bekerja dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya untuk "memberikan bantuan kemanusiaan yang cepat" bagi rakyat Gaza.

"Kami akan melakukan ini dalam kemitraan penuh dengan Otoritas Palestina, bukan Hamas, dengan cara yang tidak mengizinkan Hamas untuk mengisi kembali persenjataan militernya," kata Biden.

Baca juga: TERBARU: Israel-Hamas Umumkan Gencatan Senjata Seusai 11 Hari Perang, Warga Gaza Rayakan Kemenangan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato di Knesset (Parlemen Israel) di Yerusalem pada 22 Desember 2020.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato di Knesset (Parlemen Israel) di Yerusalem pada 22 Desember 2020. (Yonathan SINDEL/POOL/AFP)

Israel dan Hamas menyetujui proposal gencatan senjata oleh Mesir yang akan berlaku Jumat pagi (21/5/2021) di Gaza meskipun suara ledakan masih terdengar di Gaza.

Kantor Perdana Menteri Netanyahu mengumumkan kabinet keamanannya telah memberikan suara bulat untuk gencatan senjata "timbal balik dan tanpa syarat".

Sebelumnya, seorang pejabat Hamas mengatakan gencatan senjata akan "saling menguntungkan dan simultan", kantor berita Reuters melaporkan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas