Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu AS Memulai Misi Timur Tengah, Berharap Dapat Percepat Gencatan Senjata Israel-Hamas

Menlu Amerika Serikat Antony Blinken memulai misi Timur Tengah di Israel. Dia berharap kunjungannya dapat menekan genjatan senjata Israel-Hamas.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Gigih
zoom-in Menlu AS Memulai Misi Timur Tengah, Berharap Dapat Percepat Gencatan Senjata Israel-Hamas
Frederic J. BROWN / POOL / AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken - Menlu Amerika Serikat Antony Blinken memulai misi Timur Tengah di Israel. Dia berharap kunjungannya dapat menekan genjatan senjata Israel-Hamas. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken memulai kunjungan Timur Tengah di Israel pada Selasa (25/5/2021).

Blinken berharap misinya ini dapat menekan gencatan senjata dengan militan Hamas yang berkuasa di Gaza, dan membantu mempercepat bantuan kemanusiaan ke daerah kantong Palestina yang hancur.

Diwartakan Channel News Asia, agenda Blinken termasuk pembicaraan di Yerusalem dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan pertemuan di Kota Ramallah di Tepi Barat dengan Abbas.

Blinken akan tetap berada di wilayah tersebut hingga Kamis (27/5/2021) mendatang.

Bersamaan dengan kunjungan Blinken, otoritas Israel mengatakan mereka mengizinkan bahan bakar, obat-obatan, dan makanan yang dialokasikan untuk sektor swasta Gaza memasuki wilayah itu untuk pertama kalinya sejak 11 hari permusuhan lintas batas dimulai pada 10 Mei 2021.

Baca juga: Joe Biden Didesak 500 Lebih Anggota Demokrat dan Tim Sukses Pilpres untuk Hukum Israel

Baca juga: Penangkapan Massal Warga Palestina karena Dukung Protes Serangan Israel ke Gaza

Lebih lanjut, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri yang tidak disebutkan namanya mengatakan, fokus utama mereka adalah mempertahankan gencatan senjata.

"Fokus utama kami adalah mempertahankan gencatan senjata, mendapatkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkannya," kata pejabat itu, Senin (24/5/2021).

BERITA TERKAIT

Pejabat itu menambahkan, saat ini masih terlalu dini untuk pembicaraan damai yang lebih luas antara Israel, dalam fluktuasi politik setelah empat pemilihan umum yang tidak meyakinkan dalam dua tahun, dan Palestina, yang terpecah oleh permusuhan antara Hamas dan Presiden Mahmoud Abbas yang didukung Barat.

Sementara menurut Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan solusi dari dua negara adalah satu-satunya jawaban untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Ia juga menjanjikan paket besar dengan negara lain untuk membantu membangun kembali Gaza.

Diketahui, Sayap kanan Netanyahu, yang biasanya menghindari penggunaan istilah negara Palestina, sebagian besar sejalan dengan pendahulu dari Partai Republik, Donald Trump, yang memotong bantuan AS untuk Palestina.

Serta mempromosikan rencana perdamaian yang menawarkan Israel memegang sebagian besar pemukimannya di Tepi Barat.

Hamas, yang dianggap oleh Barat sebagai kelompok teroris dan menentang upaya perdamaian Palestina dengan Israel, memulai serangan roket lintas batas pada 10 Mei 2021, menarik serangan udara Israel.

Permusuhan itu sebagian dipicu oleh penggerebekan polisi Israel di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan bentrokan dengan warga Palestina selama bulan suci Ramadhan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas