Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perkuat Upaya Gencatan Senjata Israel-Palestina Menlu AS Kunjungi Timur Tengah

Tur Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, ke Timur Tengah kali ini bertujuan untuk memperkuat gencatan senjata yang rapuh antara Israel dan Hamas.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Perkuat Upaya Gencatan Senjata Israel-Palestina Menlu AS Kunjungi Timur Tengah
Alex Brandon / POOL / AFP
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, melambaikan tangan saat meninggalkan Israel pada 26 Mei 2021 di Bandara Ben Gurion setelah kunjungannya ke Israel dan wilayah Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mengunjungi Israel pada Selasa (25/5/2021).

Tur Blinken ke Timur Tengah kali ini bertujuan untuk memperkuat gencatan senjata yang rapuh antara Israel dan Hamas.

Perjanjian genjatan senjata yang disepakati pada Jumat (21/5/2021), tampaknya cukup menghentikan pertikaian antara dua kubu tersebut.

Mengutip CBS News, dalam pertempuran yang berlangsung lebih dari 10 hari antara Israel-Hamas, lebih dari 250 warga Palestina, termasuk 70 anak-anak dan 14 orang Israel tewas.

Baca juga: Antony Blinken: AS Terima Informasi Lebih Lanjut dari Israel tentang Pemboman Menara Media di Gaza

Baca juga: Menlu Blinken Ajak Dunia Kerja Sama Perangi Krisis Iklim

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berpidato di depan media setelah pembicaraan tertutup pagi hari antara Amerika Serikat dan China setelah pertemuan dua hari mereka di Anchorage, Alaska pada 19 Maret 2021.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berpidato di depan media setelah pembicaraan tertutup pagi hari antara Amerika Serikat dan China setelah pertemuan dua hari mereka di Anchorage, Alaska pada 19 Maret 2021. (Frederic J. BROWN / POOL / AFP)

Antony Blinken merupakan pejabat tertinggi AS yang mengunjungi kawasan itu sejak Presiden Joe Biden menjabat.

Berbicara kepada wartawan usai bertemu pemimpin Israel, Benjamin Netanyahu, ia menerangkan bahwa Biden mengirimnya untuk memperkuat komitmen AS terhadap keamanan Israel.

Blinken juga ditugaskan untuk bekerja demi perdamaian serta stabilitas yang lebih besar di negara tersebut, serta untuk mengatasi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak dan rekonstruksi di Jalur Gaza.

BERITA TERKAIT

Diperkirakan 77.000 warga Palestina mengungsi akibat serangan udara Israel selama konflik tersebut, yang juga menghantam infrastruktur Gaza, menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan air bersih.

Baca juga: Menlu AS Blinken Telepon Retno Marsudi, Ini yang Mereka Bahas

Blinken ke Timur Tengah
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melambai saat meninggalkan Israel pada 26 Mei 2021 di Bandara Ben Gurion setelah kunjungannya ke Israel dan wilayah Palestina.

Setelah mengulangi dukungan kuat pemerintah terhadap hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan, menyusul penembakan lebih dari 4.000 roket oleh Hamas ke negara itu, Blinken menekankan bahwa AS ingin melihat gencatan senjata dibangun di atas, "dengan pengakuan bahwa kerugian terus berlanjut. kedua sisi itu sangat dalam."

Blinken mengatakan AS telah berkomitmen untuk membantu Israel memperkuat pertahanannya, termasuk penambahan sistem pertahanan rudal "Iron Dome" yang sebagian didanai AS, yang menghentikan sebagian besar roket Palestina untuk menghantam tanah.

Ia menerangkan, pemerintahan Biden percaya, bahwa untuk mencegah gejolak lain dari konflik yang telah berlangsung puluhan tahun, semua pihak harus "menggunakan ruang yang diciptakan" oleh gencatan senjata saat ini untuk menangani "serangkaian masalah dan tantangan mendasar yang lebih besar, dan itu dimulai dengan menangani situasi kemanusiaan yang parah di Gaza dan mulai membangun kembali."

Untuk itu, Blinken mengumumkan pada Selasa bahwa pemerintahan Biden akan memberi tahu Kongres tentang niatnya untuk memberikan tambahan $ 75 juta dalam pembangunan dan bantuan ekonomi untuk Palestina tahun ini, dan juga akan memberikan $ 5,5 juta dalam bantuan bencana segera untuk Jalur Gaza.

Baca juga: Menlu AS Memulai Misi Timur Tengah, Berharap Dapat Percepat Gencatan Senjata Israel-Hamas

Sistem pertahanan udara Kubah Besi (Iron Dome) Israel bekerja keras menahan gelombang serangan roket kelompok Hamas dari Jalur Gaza, Selasa 911/5/2021) hingga Rabu (12/5/2021).
Sistem pertahanan udara Kubah Besi (Iron Dome) Israel bekerja keras menahan gelombang serangan roket kelompok Hamas dari Jalur Gaza, Selasa 911/5/2021) hingga Rabu (12/5/2021). (AFP/ANAS BABA)

Sebelumnya Blinken mengatakan bahwa Washington sedang bekerja "untuk menggalang dukungan internasional" untuk membantu membangun kembali Gaza.

Tetapi dia menekankan bahwa semua bantuan semacam itu akan diberikan dengan cara yang akan "memastikan bahwa Hamas tidak mendapat keuntungan."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas