Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Studi Hasil Otopsi di AS: Otak Pasien Covid-19 yang Parah Mirip Otak Pasien Alzheimer dan Parkinson

Studi hasil otopsi oleh Universitas Stanford menunjukkan otak pasien Covid-19 yang parah mirip dengan otak pasien Alzheimer dan Parkinson

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Studi Hasil Otopsi di AS: Otak Pasien Covid-19 yang Parah Mirip Otak Pasien Alzheimer dan Parkinson
net
PENYAKIT Alzheimer ternyata tidak hanya berbahaya bagi penderitanya, melainkan juga bagi caregiver alias pengasuhnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Otak orang yang meninggal dengan Covid-19 yang parah tampak mirip dengan otak pasien yang meninggal karena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Sejumlah peneliti melaporkan, kondisi otak pasien parah Covid-19 menunjukkan peradangan dan sirkuit yang terganggu. Studi ini diterbitkan Senin (21/6)  di jurnal Nature.

"Otak pasien yang meninggal karena Covid-19 yang parah menunjukkan penanda molekuler peradangan yang mendalam, meskipun pasien tersebut tidak memiliki tanda-tanda klinis gangguan neurologis yang dilaporkan," kata studi bersama Tony Wyss-Coray, seorang profesor neurologi dan ilmu saraf di Universitas Stanford.

Timnya menganalisis jaringan otak dari delapan orang yang meninggal karena Covid-19 dan 14 orang yang meninggal karena sebab lain.

Wyss-Coray  mengatakan, sekitar sepertiga pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit melaporkan gejala neurologis seperti pemikiran kabur, pelupa, kesulitan berkonsentrasi dan depresi.

Baca juga: Studi: Infeksi Covid-19 Kurangi Risiko Infeksi Lanjutan Selama 10 Bulan

Baca juga: Studi Berbasis AI: Covid-19 Sebabkan Perubahan Otak yang Umum Ditemukan pada Penyakit Alzheimer

Masalah-masalah ini dapat bertahan sebagai bagian dari apa yang disebut "Covid-19 panjang (Long Covid-19)", suatu kondisi berlarut-larut yang kadang-kadang memengaruhi pasien setelah mereka pulih dari infeksi awal.

Meskipun ada peradangan yang signifikan pada otak pasien Covid-19 yang meninggal, jaringan otak mereka tidak memiliki tanda-tanda SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

BERITA TERKAIT

Wyss-Coray menunjukkan bahwa para ilmuwan tidak setuju tentang apakah virus itu ada di otak pasien Covid-19.

“Kami menggunakan alat yang sama yang mereka gunakan dan benar-benar mencari keberadaan virus itu,” katanya dalam rilis berita Stanford. "Dan kami tidak dapat menemukannya,” katanya, seperti dilansir dari UPI.

Wyss-Coray mengatakan, infeksi virus tampaknya memicu respons inflamasi di seluruh tubuh yang dapat menyebabkan sinyal inflamasi melintasi penghalang darah-otak, yang pada gilirannya dapat memicu peradangan saraf di otak.

Baca juga: Studi di AS: Virus Covid-19 Dapat Menyebabkan Diabetes

"Kemungkinan banyak pasien Covid-19, terutama mereka yang melaporkan atau menunjukkan masalah neurologis atau mereka yang dirawat di rumah sakit, memiliki penanda peradangan saraf yang kami lihat pada orang-orang yang kami amati yang telah meninggal karena penyakit ini," katanya.

"Temuan kami dapat membantu menjelaskan kabut otak, kelelahan, dan gejala neurologis dan kejiwaan lainnya dari Covid-19 yang lama," ujar Wyss-Coray menyimpulkan.

Kecemasan

April lalu, sejumlah peneliti melaporkan melalui The Lancet bahwa lebih dari sepertiga penyintas Covid-19 di Amerika Serikat  mengalami pengaruh neurologis (kejiwaan) terkait virus dalam waktu enam bulan setelah terinfeksi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas