Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Israel Serang Jalur Gaza

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, yang Ketiga Kali Sejak Gencatan Senjata Mei Lalu

Israel melancarkan serangan udara ke tempat pelatihan Hamas di Gaza, Jumat (2/7), yang merupakan serangan ketiga sejak gencatan senjata berlaku Mei

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, yang Ketiga Kali Sejak Gencatan Senjata Mei Lalu
AFP
Warga Palestina mendaur ulang puing-puing bangunan yang hancur dalam serangan udara Israel selama konflik 11 hari bulan lalu, di Kota Gaza pada Selasa (29/6). 

TRIBUNNEWS.COM – Israel melancarkan serangan udara ke sejumlah lokasi di Jalur Gaza, pada Jumat (2/7). Serangan-serangan udara ini yang ketiga kalinya sejak diberlakukannya gencatan senjata Mei lalu.

Sumber keamanan Hamas, kelompok Palestina di  Gaza, mengatakan, serangan itu  menghantam tempat pelatihan. Namun tidak ada korban yang dilaporkan dari serangan-serangan itu.

Sementara juru bicara militer Israel menyatakan bahwa serangan udara itu terjadi sebagai balasan atas peluncuran balon pembakar dari Jalur Gaza menuju pemukiman Israel di sekitarnya.

"Menanggapi balon pembakaran yang ditembakkan ke wilayah Israel hari ini, jet tempur [militer] menyerang sebuah lokasi pembuatan senjata milik organisasi teror Hamas," kata pernyataan itu.

Tidak ada indikasi langsung mengenai kelompok yang berbasis di Gaza yang bertanggung jawab atas peluncuran balon tersebut. Tetapi Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas tindakan apa pun.

Baca juga: AS Menyita 36 Situs Berita Terkait Palestina dan Iran dengan Dalih Disinformasi

Baca juga: Bentrokan di Yerusalem, Pemukim Yahudi Berusaha Usir Keluarga Palestina

Ini adalah ketiga kalinya Israel melakukan serangan udara di Gaza sejak diberlakukannya gencatan senjata yang diduduki Israel itu pada Mei, untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina selama 11 hari lalu.

Pada hari Kamis, dinas pemadam kebakaran Israel mengatakan bahwa peluncuran balon pembakar dari Gaza telah memicu empat kebakaran kecil di wilayah Eshkol selatan, di perbatasan Gaza.

Api itu kecil dan tidak berbahaya dan dengan cepat dapat dikendalikan, kata sebuah pernyataan dari dinas pemadam kebakaran.

"Seorang penyelidik kebakaran menetapkan bahwa semua kebakaran disebabkan oleh balon pembakar (dari Gaza),”  kata pernyataan itu.

Sebelas hari pertempuran mematikan antara Israel dan penguasa Hamas di Gaza, serta kelompok bersenjata Palestina lainnya yang berbasis di daerah kantong, berakhir pada 21 Mei dengan deklarasi gencatan senjata.

Baca juga: PBB: Israel Langgar Hukum Internasional Karena Ekspansi Ilegal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur

Baca juga: Otoritas Palestina Batalkan Pertukaran Vaksin dengan Israel

Halaman
12
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas