Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, yang Ketiga Kali Sejak Gencatan Senjata Mei Lalu

Israel melancarkan serangan udara ke tempat pelatihan Hamas di Gaza, Jumat (2/7), yang merupakan serangan ketiga sejak gencatan senjata berlaku Mei

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, yang Ketiga Kali Sejak Gencatan Senjata Mei Lalu
AFP
Warga Palestina mendaur ulang puing-puing bangunan yang hancur dalam serangan udara Israel selama konflik 11 hari bulan lalu, di Kota Gaza pada Selasa (29/6). 

TRIBUNNEWS.COM – Israel melancarkan serangan udara ke sejumlah lokasi di Jalur Gaza, pada Jumat (2/7). Serangan-serangan udara ini yang ketiga kalinya sejak diberlakukannya gencatan senjata Mei lalu.

Sumber keamanan Hamas, kelompok Palestina di  Gaza, mengatakan, serangan itu  menghantam tempat pelatihan. Namun tidak ada korban yang dilaporkan dari serangan-serangan itu.

Sementara juru bicara militer Israel menyatakan bahwa serangan udara itu terjadi sebagai balasan atas peluncuran balon pembakar dari Jalur Gaza menuju pemukiman Israel di sekitarnya.

"Menanggapi balon pembakaran yang ditembakkan ke wilayah Israel hari ini, jet tempur [militer] menyerang sebuah lokasi pembuatan senjata milik organisasi teror Hamas," kata pernyataan itu.

Tidak ada indikasi langsung mengenai kelompok yang berbasis di Gaza yang bertanggung jawab atas peluncuran balon tersebut. Tetapi Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas tindakan apa pun.

Baca juga: AS Menyita 36 Situs Berita Terkait Palestina dan Iran dengan Dalih Disinformasi

Baca juga: Bentrokan di Yerusalem, Pemukim Yahudi Berusaha Usir Keluarga Palestina

Ini adalah ketiga kalinya Israel melakukan serangan udara di Gaza sejak diberlakukannya gencatan senjata yang diduduki Israel itu pada Mei, untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina selama 11 hari lalu.

Pada hari Kamis, dinas pemadam kebakaran Israel mengatakan bahwa peluncuran balon pembakar dari Gaza telah memicu empat kebakaran kecil di wilayah Eshkol selatan, di perbatasan Gaza.

BERITA TERKAIT

Api itu kecil dan tidak berbahaya dan dengan cepat dapat dikendalikan, kata sebuah pernyataan dari dinas pemadam kebakaran.

"Seorang penyelidik kebakaran menetapkan bahwa semua kebakaran disebabkan oleh balon pembakar (dari Gaza),”  kata pernyataan itu.

Sebelas hari pertempuran mematikan antara Israel dan penguasa Hamas di Gaza, serta kelompok bersenjata Palestina lainnya yang berbasis di daerah kantong, berakhir pada 21 Mei dengan deklarasi gencatan senjata.

Baca juga: PBB: Israel Langgar Hukum Internasional Karena Ekspansi Ilegal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur

Baca juga: Otoritas Palestina Batalkan Pertukaran Vaksin dengan Israel

Konflik 11 hari itu menewaskan sedikitnya 256 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, menurut pihak berwenang Gaza.

Di Israel, 13 orang, termasuk dua anak-anak, tewas oleh roket yang ditembakkan dari Gaza, kata polisi dan tentara.

Mediator Mesir dan internasional telah berusaha untuk mempertahankan gencatan senjata informal yang mengakhiri perang terbaru.

Dalam beberapa hari terakhir, Israel telah melonggarkan pembatasan untuk mengizinkan bahan bakar yang didanai Qatar, memperluas zona penangkapan ikan Gaza dan mengizinkan peningkatan perdagangan lintas batas.

Ada beberapa gejolak sejak gencatan senjata, termasuk serangkaian peluncuran balon bulan lalu. Israel membalas dengan serangan udara.

Baca juga: Ribuan Pro-Palestina di London Desak Para Pemimpin G-7 Dukung Hak Palestina

Baca juga: Satu Juta Warga Palestina Telah Ditangkap Pasukan Israel sejak Perang Timur Tengah 1967

Setelah baku tembak pada 18 Juni, panglima militer Israel memerintahkan pasukan untuk siap "untuk berbagai skenario termasuk dimulainya kembali permusuhan".

Jalur Gaza telah berada di bawah blokade Israel-Mesir sejak 2007, setelah Hamas - yang terpilih secara demokratis tahun sebelumnya - mengambil alih daerah kantong pantai.

Setidaknya dua juta orang tinggal di wilayah tersebut, salah satu daerah terpadat di dunia, dalam kondisi kemanusiaan yang mengerikan. (Tribunnews.com/Aljazeera/NST/Hasanah Samhudi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas