Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan ke-3 Sejak Gencatan Senjata, Jet Tempur Israel Targetkan Lokasi Pembuatan Senjata di Gaza

Jet tempur Israel menargetkan lokasi pembuatan senjata di Jalur Gaza pada Jumat malam (2/7/2021), untuk kali ketiga setelah gencatan senjata.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Serangan ke-3 Sejak Gencatan Senjata, Jet Tempur Israel Targetkan Lokasi Pembuatan Senjata di Gaza
MOHAMMED ABED / AFP
Seorang anak Palestina tidur di reruntuhan rumah keluarganya yang hancur dalam serangan udara Israel selama pertempuran terbaru Israel-Palestina, di Kota Gaza, pada 2 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Jet tempur Israel menargetkan lokasi pembuatan senjata di Jalur Gaza pada Jumat malam (2/7/2021).

Serangan ini menandai meningkatnya ketegangan antara Israel-Palestina sejak gencatan senjata yang disepakati pada Mei 2021 kemarin.

Dilansir Al Jazeera, sumber keamanan dengan Hamas mengatakan serangan itu menghantam tempat pelatihan dan tidak ada korban yang dilaporkan.

Juru bicara militer Israel menyatakan bahwa serangan udara itu terjadi sebagai tanggapan atas peluncuran balon pembakar dari Jalur Gaza .

"Menanggapi balon pembakaran yang ditembakkan ke wilayah Israel hari ini, jet tempur (militer) menyerang sebuah lokasi pembuatan senjata milik organisasi teror Hamas," kata pernyataan itu.

Baca juga: Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, yang Ketiga Kali Sejak Gencatan Senjata Mei Lalu

Baca juga: Pemimpin Hamas Ungkap Pembicaraan dengan PBB Terkait Situasi Kemanusiaan di Gaza Temui Jalan Buntu

Gaza Terbaru
Seorang anak Palestina tidur di reruntuhan rumah keluarganya yang hancur dalam serangan udara Israel selama pertempuran terbaru Israel-Palestina, di Kota Gaza, pada 2 Juli 2021.

Tidak ada indikasi langsung mengenai kelompok yang berbasis di Gaza yang bertanggung jawab atas peluncuran balon tersebut.

Tetapi Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas tindakan apa pun.

BERITA TERKAIT

Ini adalah ketiga kalinya Israel melakukan serangan udara di Gaza sejak berakhirnya serangan 11 hari yang diluncurkan di wilayah yang diblokade pada Mei tahun ini.

Konflik tersebut menewaskan sedikitnya 256 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, menurut pihak berwenang Gaza.

Di Israel, 13 orang, termasuk dua anak-anak, tewas oleh roket yang ditembakkan dari Gaza, kata polisi dan tentara.

Baca juga: Pascaperang 11 Hari Israel-Hamas, Warga Gaza Hadapi Pembangunan Ulang yang Habiskan Biaya Mahal

Baca juga: Analisis Pengamat soal Israel Tuding Indonesia, Malaysia, dan Brunei Bohong Terkait Serangan Gaza

Warga Palestina mendaur ulang puing-puing bangunan yang hancur dalam serangan udara Israel selama konflik 11 hari bulan lalu, di Kota Gaza pada Selasa (29/6).
Warga Palestina mendaur ulang puing-puing bangunan yang hancur dalam serangan udara Israel selama konflik 11 hari bulan lalu, di Kota Gaza pada Selasa (29/6). (AFP)

Mediator Mesir dan internasional telah berusaha untuk menopang gencatan senjata informal yang mengakhiri perang terbaru.

Dalam beberapa hari terakhir, Israel telah melonggarkan pembatasan untuk mengizinkan bahan bakar yang didanai Qatar, memperluas zona penangkapan ikan Gaza dan mengizinkan peningkatan perdagangan lintas batas.

Ada beberapa gejolak sejak gencatan senjata, termasuk serangkaian peluncuran balon bulan lalu. Israel membalas dengan serangan udara.

Baca juga: Analisis Pengamat soal Israel Tuding Indonesia, Malaysia, dan Brunei Bohong Terkait Serangan Gaza

Baca juga: Jet Tempur Israel Targetkan Jalur Gaza untuk Kedua Kalinya Sejak Gencatan Senjata

Anak-anak Palestina mengibarkan bendera nasional Palestina saat mereka bermain di antara puing-puing bangunan yang dihancurkan oleh pemboman Israel bulan lalu di Jalur Gaza, di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 19 Juni 2021.
Anak-anak Palestina mengibarkan bendera nasional Palestina saat mereka bermain di antara puing-puing bangunan yang dihancurkan oleh pemboman Israel bulan lalu di Jalur Gaza, di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 19 Juni 2021. (SAID KHATIB / AFP)

Setelah baku tembak pada 18 Juni, panglima militer Israel memerintahkan pasukan untuk siap "untuk berbagai skenario termasuk dimulainya kembali permusuhan".

Jalur Gaza telah berada di bawah blokade Israel-Mesir sejak 2007, setelah Hamas - yang terpilih secara demokratis tahun sebelumnya - mengambil alih daerah kantong pantai.

Setidaknya dua juta orang – setengah dari mereka berusia di bawah 18 tahun – tinggal di wilayah tersebut, salah satu daerah terpadat di dunia, dalam kondisi kemanusiaan yang mengerikan

Berita lain terkait Israel Serang Jalur Gaza

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas