Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Armada Perang Inggris Masuki Medan Konflik Laut China Selatan

Inggris mengerahkan dua kapal angkatan laut ke perairan sekitar Jepang akhir tahun ini menjelang kedatangan kelompok kapal induk HMS Queen Elizabeth.

Armada Perang Inggris Masuki Medan Konflik Laut China Selatan
Wikipedia Common
Kapal induk HMS Queen Elizabeth saat melintasi Selat Gibraltar. Kapal ini akan hadir di jepang dan Korsel, setelah melintasi Laut China Selatan yang sedang dilanda ketegangan politik militer. 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Inggris mengumumkan rencana untuk secara permanen mengerahkan armada kapal angkatan lautnya ke Jepang, berlayar melalui medan konflik Laut Cina Selatan.

Keputusan Inggris ini mempertegas strategi negara-negara barat meningkatkan keterlibatan di kawasan Pasifik dan Asia Timur.

Inggris mengerahkan dua kapal angkatan laut ke perairan sekitar Jepang akhir tahun ini menjelang kedatangan kelompok kapal induk HMS Queen Elizabeth di Jepang.

“Menyusul pengerahan perdana kelompok penyerang itu, Inggris akan secara permanen menugaskan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace di Tokyo, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: AS Pertimbangkan Sanksi Baru Terhadap Penjualan Minyak Iran ke China

Baca juga: Jika Perang Pecah, Bagaimana Skenario Militer China untuk Menyerbu Taiwan?

Ia bertemu rekan sejawatnya, Menlu Jepang, Nobuo Kishi. “Kami akan menghormati Cina dan kami berharap Cina menghormati kami. Kami akan berlayar di mana hukum internasional memungkinkan,” kata Wallace.

Wallace menambahkan kapal-kapal perang Inggris tidak akan secara khusus berbasis di pelabuhan Jepang tetapi akan berpatroli di perairan sekitarnya.

Jepang adalah mitra strategis Inggris dan AS, berpartisipasi dalam latihan militer bersama dan menjadi tuan rumah konsentrasi terbesar pasukan Amerika di luar negeri.

Kapal perang terbesar Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Queen Elizabeth akan tiba di Jepang pada September 2021.

Armada itu akan berpartisipasi dalam latihan bersama Pasukan Bela Diri Tokyo.

Langkah tersebut, yang dijelaskan Kishi dan Wallace, dirancang untuk melawan aktivitas teritorial Cina di wilayah tersebut.

Halaman
123
Editor: Setya Krisna Sumarga
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas