Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inggris Habiskan Ratusan Juta Pound Bantu Kelompok Pemberontak Suriah

Conflict, Stability and Security Fund (CSSF), badan bentukan pemerintah Inggris, mendanai proyek melibatkan kelompok-kelompok bersenjata Suriah.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Inggris Habiskan Ratusan Juta Pound Bantu Kelompok Pemberontak Suriah
Omar Haj Kadour-AFP
Seorang pejuang Suriah didukung pemberontak Turki menembakkan senapan 

TRIBUNNEWS.COM, JOHANESBURG – Pemerintah Kerajaan Inggris telah mendanai 13 proyek senilai £ 215 juta untuk mendukung pemberontak Suriah.

Proyek mereka beroperasi di wilayah-wilayah yang diduduki kelompok anti-Bashar Assad, dalam lima tahun terakhir.

Pemerintah Inggris menolak menyebut kelompok oposisi mana yang dibantunya di Suriah. Informasi ini diwartakan media independen Daily Maverick.co.za yang berbasis di Afrika Selatan, Selasa (20/7/2021).

Daily Maverick mempublikasikan laporan Declassified UK, kelompok jurnalis independen yang melakukan proyek investigasi kebijakan luar negeri Inggris.

Laporan yang ditulis Mark  Curtis di Daily Maverick dan Declassified UK menyebutkan, angka ratusan juta poundsterling itu perkiraan yang terlalu rendah.

Sebab, angka itu tidak termasuk kegiatan yang dibiayai dari apa yang disebut "anggaran hitam" Inggris, termasuk operasi intelijen.

Baca juga: Richard Medhurst : Israel di Balik Agenda Perang AS di Suriah

Baca juga: John Kerry Hebohkan Elite AS, Beber Operasi Rahasia Israel di Suriah

Conflict, Stability and Security Fund (CSSF), badan bentukan pemerintah Inggris, mendanai proyek melibatkan kelompok-kelompok bersenjata Suriah.

BERITA TERKAIT

Satu proyek yang dijalankan Kementerian Luar Negeri bernilai £ 28,2 juta selama 2016-17. Proyek itu juga membantu teknis dan peralatan kepada yang mereka sebut oposisi bersenjata moderat.

Salah satu tujuannya adalah memberdayakan kelompok oposisi bersenjata moderat di Suriah selatan untuk mengelola wilayah yang mereka kuasai secara lebih baik.

Beberapa dokumen mengakui kelompok bersenjata memperoleh manfaat bantuan Inggris. Satu proyek lain disebut “memperkuat struktur pemerintahan di dalam Suriah”.

Proyek ini diberi peringkat risiko tinggi atas kehadiran kelompok bersenjata yang cukup besar.

Senilai £27,5 juta dan berjalan dari 2016-20, proyek ini bertujuan untuk "memperkuat sistem pemerintahan di daerah oposisi moderat".

Proyek dipimpin departemen pembangunan internasional Inggris saat itu, DFID.

Tujuannya memungkinkan pihak oposisi memberikan layanan utama kepada penduduk lokal, memberikan alternatif bagi rezim dan kelompok-kelompok ekstremis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas