Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Olimpiade 2021

Olimpiade Tokyo Jepang, Olimpiade Darurat Pertama di Dunia

Turnamen ini akan diadakan selama 17 hari hingga tanggal 8 Agustus 2021, di 33 bidang olahraga.

Olimpiade Tokyo Jepang, Olimpiade Darurat Pertama di Dunia
Richard Susilo
Stadion Nasional (Daerah Shinjuku) tempat upacara pembukaan Olimpiade biasa disebut Kokuritsu Kyogijo. Orang mulai banyak berdatangan memotret mumpung belum ketat penjagaan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Olimpiade Tokyo, Jepang merupakan yang pertama kali di dunia diadakan dalam keadaan darurat (Deklarasi Darurat = PSBB berlaku sampai dengan 22 Agustus 2021). Namun juga darurat dalam segala arti, baik positif maupun negatif.

Arti positif seperti didengungkan PM Jepang Yoshihide Suga bahwa Olimpiade akan dilakukan dalam keadaan aman bagi masyarakat dan untuk membuktikan manusia bersatu bisa menghadapi corona, tidak kalah dengan pandemi yang menyebar ke berbagai belahan dunia.

Itulah sebabnya diantisipasi PM Yoshihide Suga dengan mengeluarkan PSBB ke-4 kalinya sejak 12 Juli sampai dengan 22 Agustus 2021 khususnya bagi Tokyo, tempat penyelenggaraan Olimpiade.

Arti negatif diinterpretasikan banyak oleh masyarakat Jepang.

Arti negatif pertama ada yang menyatakan sebagai Olimpiade Corona karena diadakan saat masa pandemi Corona. Penyakit yang berkonotasi negatif jadi nyambung ke nama Olimpiade itu sendiri.

Arti negatif kedua ada yang menyatakan bahwa Olimpiade kali ini sebagai Olimpiade yang paling tidak disukai, paling tidak diingini oleh rakyat negara penyelenggara, karena hasil penelitian Asahi, 59 persen respondennya (masyarakat) menentang penyelenggaraan Olimpiade.

Arti negatif ketiga juga dengan melihat penyelenggaraan Olimpiade saat ini, seolah memang berantakan tidak seperti yang dilakukan Jepang di berbagai bidang usaha atau kegiatan internasional lainnya.

Mulai dari Ketua Yoshiro Mori yang harus mengundurkan diri karena dianggap melecehkan wanita.

Lalu pengunduran diri Sasaki pimpinan Panitia lainnya Hiroshi Sasaki creative director, harus mundur karena melecehkan artis terkenal Jepang dan kata "Olympig" atau Olimpiade Babi yang diucapkannya.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas