Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Iran Bantah Tuduhan Soal Serangan ke Kapal Tanker: Ini Tanggapan Perdana Menteri Israel

Iran menyangkal tuduhan Israel, Inggris, dan AS bahwa Iran terlibat dalam serangan terhadap tanker milik miliarder Israel Eyal Ofer

Iran Bantah Tuduhan Soal Serangan ke Kapal Tanker: Ini Tanggapan Perdana Menteri Israel
the straits times
Naftali Bennett 

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Pemerintah Iran menyangkal klaim Israel, Amerika Serikat, dan Inggris bahwa pihaknya berada di balik serangan terhadap sebuah kapal di lepas pantai Oman yang menewaskan dua awak kapal.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengecam tuduhan itu dalam konferensi pers virtual pada hari Minggu (1/8). Ia mengatakan, ini bukan pertama kalinya Israel membuat klaim seperti itu.

“Ke mana pun rezim ini pergi, ia membawa ketidakamanan, teror, dan kekerasan dengan sendirinya. Mereka yang bertanggung jawab atas serangan ini adalah orang-orang yang membiarkan rezim Israel menginjakkan kaki di wilayah ini,” katanya.

“Siapa yang menabur angin akan menuai badai,” kata Khatibzadeh, seraya menambahkan bahwa Iran akan mempertahankan keamanan nasionalnya di mana pun diperlukan.

Kapal tanker minyak berbendera Liberia, Mercer Street, yang dikelola oleh perusahaan milik miliarder Israel Eyal Ofer, dihantam Kamis (30/7) malam di timur laut pulau Masirah, Oman.

Baca juga: Kapal Tanker Minyak di Lepas Pantai Suriah Terkena Serangan Pesawat Tak Berawak

Baca juga: AS Sita Kapal Tanker Pengangkut Minyak ke Korea Utara karena Langgar Sanksi Internasional

Serangan pesawat tak berawak yang menewaskan seorang warga Rumania dan Inggris.

Pejabat Israel, termasuk Perdana Menteri Naftali Bennet, menuduh Iran berada di balik serangan itu tetapi belum memberikan bukti.

“Saya baru saja mendengar bahwa Iran, dengan cara yang pengecut, mencoba untuk mengelak dari tanggung jawab atas peristiwa tersebut. Mereka menyangkal hal ini. Saya menentukan, dengan kepastian mutlak: Iran melakukan serangan terhadap kapal itu, ”kata Bennett pada rapat kabinet pada hari Minggu (1/8), seperti yang diposting di akun Twitter PM Israel.

“Bukti intelijen untuk ini ada dan kami berharap komunitas internasional akan menjelaskan kepada rezim Iran bahwa mereka telah membuat kesalahan serius. Bagaimanapun, kami tahu cara mengirim pesan ke Iran dengan cara kami sendiri,” ujarnya seperti dilansir dari Al Jazeera.

Pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab memberikan tanggapannya.

Baca juga: Kapal Tanker Iran dan Panama Diduga Transfer BBM Ilegal di Perairan Pontianak Segera Diinvestigasi

Baca juga: Kapal Tankernya Disita di Perairan Kalimantan, Iran Minta Indonesia Jelaskan Alasannya

Halaman
123
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas