Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

AS Rencanakan Warga Asing yang Masuk Harus Sudah Divaksinasi Penuh Covid-19

Amerika Serikat merencanakan agar warga asing yang masuk harus sudah divaksinasi penuh Covid-19, bagian dari pencabutan pembatasan perjalanan

AS Rencanakan Warga Asing yang Masuk Harus Sudah Divaksinasi Penuh Covid-19
AFP
DOKUMENTASI FOTO: Seorang pria mengenakan masker saat tiba di Bandara Internasional Dulles di Dulles, Virginia, AS, pada 17 maret 2020. AS menutup perbatasannya bagi sebagaian besar pengunjung untuk menahan penularan Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON  - Pemerintahan Presiden AS Joe Biden membahas aturan bahwa warga asing yang masuk ke Amerika Serikat harus sudah divaksinasi  Covid-19 secara penuh.

Anggota DPR AS mengatakan kepada Reuters Rabu (4/8/2021), bahwa  aturan itu nanti menjadi bagian dari pencabutan aturan pembatasan perjalanan yang melarang sebagian besar warga dunia memasuki negara itu.

Pejabat ini mengatakan, Gedung Putih ingin membuka kembali perjalanan, tapi belum siap untuk mencabut pembatasan karena  kasus Covid-19  melonjak akibat varian Delta yang sangat menular.

Membuka kembali perjalanan akan meningkatkan bisnis bagi maskapai penerbangan dan industri pariwisata.

AS memberlakukan pembatasan perjalanan luar biasa pertama kali terhadap China pada Januari tahun lalu untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

Baca juga: Pakar AS: Situasi di Amerika Serikat Bakal Lebih Buruk dan Menyengsarakan Akibat Lonjakan Covid-19

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, China Akan Lakukan Tes Terhadap Seluruh Warga Wuhan

Banyak negara lain telah ditambahkan dalam daftar negara terlarang, yang terbaru  adalag India pada bulan Mei.

Komentar anggota DPR ini menjadi sinyal terkuat hingga saat ini bahwa Gedung Putih kemungkinan akan melonggarkan pembatasan tersebut, seperti dikutip dari The Straits Times.

Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa Gedung Putih sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan pengunjung asing divaksinasi sebagai bagian dari diskusi tentang cara melonggarkan pembatasan perjalanan.

Pejabat itu menambahkan "kelompok kerja sedang mengembangkan proses kebijakan dan perencanaan yang harus dipersiapkan ketika waktu yang tepat untuk transisi ke sistem baru ini".

Beberapa negara, termasuk Kanada dan Inggris, melonggarkan atau mencabut pembatasan bepergian  bagi orang Amerika yang divaksinasi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak di Amerika, Warga Diminta Pakai Masker Lagi Meski Sudah Divaksin

Baca juga: Tokoh Agama di Amerika Bujuk Warga Agar Mau Divaksin dan Jangan Percaya Hoaks

Halaman
12
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas