Tribun

Nigeria Protes Keras Diplomatnya di Indonesia Diduga Dianiaya Petugas Imigrasi, Ini Kata Kemlu RI

Pemerintah Nigeria memanggil Dubes RI untuk menyampaikan kekesalan dan protes keras pada kasus tersebut.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
Nigeria Protes Keras Diplomatnya di Indonesia Diduga Dianiaya Petugas Imigrasi, Ini Kata Kemlu RI
dok. Imigrasi
Proses mediasi dugaan aksi pemukulan seorang diplomat Nigeria oleh petugas kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan terhadap seorang diplomat warga Nigeria pada Sabtu (7/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dugaan kekerasan yang dilakukan petugas imigrasi terhadap diplomat Nigeria  menuai reaksi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Nigeria.

Diplomat Nigeria itu bernama Ibrahim Babani.

Pemerintah Nigeria memanggil Dubes RI untuk menyampaikan kekesalan dan protes keras pada kasus tersebut.

Lewat keterangan pers pada Selasa (11/8/2021), Pemerintah Nigeria mengutuk keras apa yang disebut mereka merupakan tindakan kejahatan internasional.

Mereka menyebut tindakan itu mengerikan yang dilakukan oleh aktor Negara Indonesia terhadap perwakilan terakreditasi dari Republik Federal Nigeria, yang sama sekali tidak dibenarkan dan bertentangan dengan hukum internasional.

“Pemerintah Nigeria menuntut sanksi yang sesuai terhadap pejabat terkait dan telah memanggil Duta Besarnya di Indonesia untuk berkonsultasi, termasuk peninjauan hubungan bilateral,” tulis pernyataan tersebut.

Kemlu Nigeria menegaskan kembali tekadnya untuk melindungi kepentingan Nigeria dan orang Nigeria di mana pun mereka berada di dunia dan menyerukan ketenangan saat konsultasi berlanjut.

Baca juga: Penjelasan Imigrasi Terkait Video Viral Penangkapan Diplomat Nigeria

Menanggapi kecaman dari pemerintah Nigeria, pemerintah Indonesia lewat Kemlu RI menyatakan telah menerima laporan tersebut.

Juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah mengungkapkan bahwa akan ada penjelasan dari pihak imigrasi terkait kronologi dari peristiwa tersebut.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas