Tribun

Pimpinan Yakuza Jepang Mulai Bergerak Lagi, Ada Apa Gerangan?

Selama Olimpiade sindikat kejahatan Jepang ini "diam" sejenak.  Kini setelah selesai Olimpiade, pimpinan kelompok besar yakuza (mafia Jepang) mulai

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pimpinan Yakuza Jepang Mulai Bergerak Lagi, Ada Apa Gerangan?
Foto: Friday
Orang nomor dua Yamaguchigumi Kiyoshi Takayama (73) di sebelah kiri,  tanpa masker bersalaman dengan Ketua Inagawakai (kanan) Jiro Kiyota. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Sebelum Olimpiade para pimpinan yakuza Jepang bergerak mendekat satu sama lain.

Selama Olimpiade sindikat kejahatan Jepang ini "diam" sejenak.  Kini setelah selesai Olimpiade, pimpinan kelompok besar yakuza (mafia Jepang) mulai bergerak kembali. Ada apa gerangan?

"Mereka tampaknya mulai menjalin kerjasama lebih baik lagi antara  dua kelompok karena selama ini tampak seperti terpecah belah. Namun karena Kiyoshi Takayama, Wakagashira, orang nomor 2 Yamaguchigumi,  telah ke luar penjara, dia berusaha menyatukan kembali kekuatan semua kelompok," papar sumber Tribunnews.com kemarin (11/8/2021).

Takayama memang orang nomor dua di Yamaguchigumi ke-6 setelah Shinobu Tsukasa. 

Takayama juga motor penggerak dari kelompok yakuza Yamaguchigumi dan orang yang paling ditakuti sekaligus paling dihormati di dunia Yakuza hingga saat ini.

Belum lama ini (13/7/2021) Takayama berkunjung ke markas Yamakawa-ikka, portal utama Inagawakai, yang memang paling dekat dengan kelompok Yamaguchigumi ke-6.

Markas besar keluarga Yamakawa, organisasi inti dari gangster yang jadi kelompok utama "Inagawa-kai", terletak di kota Kawasaki, sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kawasaki (Prefektur Kanagawa).

Takayama bertemu dengan Kiyota, turun dari mobil berjabat tangan dengan Jiro Kiyota, presiden Inagawa-kai, selama sekitar 8 detik. Keduanya pindah ke dalam gedung sebagaimana adanya.

"Takayama mengunjungi Kiyota untuk memberikan 'salam musim panas'. Dia datang dari sudut pandang individu, bukan atas nama Yamaguchi-gumi ke-6. Oleh karena itu,  bukan ke markas Inagawa-kai di Roppongi. Tempatnya adalah Keluarga Yamakawa, ibu dari   Kiyota. Ini memiliki arti yang sama dengan kedatangan pribadi ke rumahmu,”  ungkap sumber Tribunnews.com Kamis (12/8/2021).

Pembicaraan antara keduanya  itu sekitar 1 jam 30 menit. Dikatakan bahwa mereka makan siang tanpa sake. Setelah selesai jumpa kangenan itu bersama  Kiyota,  Takayama masuk ke mobil Toyota Putihnya  dengan ekspresi tersenyum dan pulang.

“Dapat dikatakan bahwa tujuannya bukan hanya untuk menyapa, tetapi untuk meningkatkan hubungan yang kuat antara kedua kelompok baik di dalam maupun di luar negeri. Ini juga berfungsi sebagai konfirmasi kepada Sumiyoshi-kai, yang mewarisi garis "permusuhan" selama ini."

 Setelah Olimpiade Tokyo,  Takayama kembali aktif di masyarakat yakuza. Ini adalah kesepakatan dengan publik bahwa ia akan bergerak menuju penyatuan kembali kelompok yakuza di Jepang setelah sempat terpecah belah selama dia berada di penjara beberapa tahun lalu.

Tampaknya persiapan sedang dilakukan terus-menerus di bawah permukaan air, ungkap sumber Tribunnews.com lagi lebih lanjut.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas