Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ilmuwan Internasional: Booster Vaksin Covid-19 Tidak Dibutuhkan Masyarakat Luas

Sejumlah ilmuwan internasional menyimpulkan booster vaksin Covid-19 tidak dibutuhkan masyarakat umum, sekalipun menghadapi varian Delta

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Ilmuwan Internasional: Booster Vaksin Covid-19 Tidak Dibutuhkan Masyarakat Luas
AFP
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom (kedua dari kanan) berjalan bersama pejabat kesehatan Kuwait saat mengunjungi pusat vaksinasi Covid-19 di Kuwait International Fairground, di Kota Kuwait, pada 28 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM – Sejumlah ilmuwan internasional menyebutkan bahwa vVaksin Covid-19 tambahan (booster) tidak diperlukan untuk populasi umum.

Laporan ilmuwan internasional itu dirilis dalam jurnal media The Lancet pada hari Senin (13/9/2021).

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa dosis booster untuk populasi umum tidak sesuai pada tahap pandemi ini, bahkan dengan ancaman varian Delta yang lebih menular sekali pun.




"Setiap keputusan tentang perlunya peningkatan atau waktu peningkatan harus didasarkan pada analisis yang cermat dari data klinis atau epidemiologis yang terkontrol secara memadai, atau keduanya, yang menunjukkan pengurangan penyakit parah yang terus-menerus dan bermakna," tulis para ilmuwan, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Para ilmuwan mengatakan lebih banyak bukti diperlukan untuk membenarkan penggunaan booster.

Baca juga: WHO Desak Para Pemimpin Dunia Tunda Vaksin Booster Hingga Akhir September

Baca juga: Moderna Kembangkan Vaksin Tunggal Gabungan Booster Vaksin Covid-19 dan Vaksin Flu

Disebutkan juga, vaksin tetap sangat efektif melawan gejala Covid-19 yang parah, di semua varian virus utama, termasuk Delta.

“Secara keseluruhan, penelitian yang tersedia saat ini tidak memberikan bukti yang kredibel tentang penurunan perlindungan secara substansial terhadap penyakit parah, yang merupakan tujuan utama vaksinasi,” kata penulis utama Ana-Maria Henao-Restrepo, dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

BERITA TERKAIT

Dia mengatakan dosis vaksin harus diprioritaskan kepada orang-orang di seluruh dunia yang masih menunggu divaksinasi.

“Jika vaksin digunakan di tempat yang paling baik, mereka dapat mempercepat akhir pandemi dengan menghambat evolusi varian lebih lanjut,” tambahnya.

Artikel Lancet menyimpulkan bahwa varian saat ini belum cukup berkembang untuk menghindari respon imun yang diberikan oleh vaksin yang saat ini digunakan.

Baca juga: Pejabat Senior di FDA Mendadak Mundur, Tak Sejalan dengan Gedung Putih Soal Dosis Booster

Baca juga: Pfizer Minta Persetujuan Vaksin Booster, WHO Tegaskan Dosis Pertama Harus Jadi Prioritas

Para penulis berpendapat bahwa jika mutasi virus baru muncul yang mampu menghindari respons ini, akan lebih baik untuk memberikan penguat vaksin yang dimodifikasi secara khusus yang ditujukan untuk varian yang lebih baru, daripada dosis ketiga dari vaksin yang ada.

Pandangan itu bertentangan dengan rencana pemerintah AS untuk mulai memberikan vaksin ketiga kepada banyak orang Amerika yang sudah divaksinasi penuh minggu depan. Saat ini, AS masih menunggu persetujuan dari regulator kesehatan.

Para penulis mengakui bahwa beberapa individu, seperti mereka yang mengalami gangguan kekebalan, dapat memperoleh manfaat dari dosis tambahan.

Sebuah panel ahli yang menyarankan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) tentang vaksin berencana bertemu pada 17 September untuk membahas dosis tambahan vaksin Pfizer-BioNTech, langkah pertama dalam peluncuran booster yang lebih luas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas