Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kembalinya Bos Yakuza Jepang Yamakengumi Koji Nakata Semakin Memperkuat Yamaguchigumi

Koji Nakata mendapatkan kedudukan salah satu pimpinan di Yamaguchigumi, menjadi orang nomor 3 setelah Shinobu Tsukasa, dan Kiyoshi Takayama.

Kembalinya Bos Yakuza Jepang Yamakengumi Koji Nakata Semakin Memperkuat Yamaguchigumi
Foto Business Journal
Koji Nakata, pemimpin Yamaken-gumi ke-5 yang kembali ke kelompok Yamaguchigumi (ke-6). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Perubahan besar terjadi di kelompok yakuza (mafia) Jepang khususnya di kelompok terbesar Yamaguchigumi (ke-6).

Masuknya kembali bos Yamakengumi (ke-5) Koji Nakata, yang semula berada di Kobe Yamaguchigumi (KY), semakin memperkuat kembali Yamaguchigumi.

Bahkan Koji Nakata mendapatkan kedudukan salah satu pimpinan di Yamaguchigumi, menjadi orang nomor 3 setelah Shinobu Tsukasa, dan Kiyoshi Takayama (wakagashira).

Yamaken-gumi ke-5 (Koji Nakata), yang telah mengoperasikan rute independen setelah meninggalkan Kobe Yamaguchi-gumi (2015), akhirnya musim panas lalu, Agustus 2021, telah kembali ke Yamaguchi-gumi ke-6.

Ini semua berkat "kehebatan" tangan dingin dan lobi Takayama yang baru ke luar penjara 18 Oktober 2019, berhasil menyatukan kembali unsur yang semula pecah dari Yamaguchigumi, kembali ke asalnya.

"Tidak hanya pejabat industri tetapi juga pihak berwenang telah membisikkan teori pengembalian ini selama beberapa hari, dan dikatakan pasti. Melalui pengacara, niat Nakata, yang sudah dipenjara, adalah generasi kelima Yamaken-gumi. Juga dikabarkan bahwa itu dilaporkan ke departemen eksekutif Yamaken-gumi. Akhirnya menjadi kenyataan," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (17/9/2021).

Polisi gerebek markas besar kelompok Yakuza di Kobe, 13 Desember 2019.
Polisi gerebek markas besar kelompok Yakuza di Kobe, 13 Desember 2019. (Kobe Shimbun)

Yamaken-gumi adalah organisasi tradisional yang memiliki kekuatan besar, dan selama era Kobe Yamaguchi-gumi, organisasi ini telah menjadi pusat organisasi sejak didirikan.

Dengan kata lain, pembentukan Kobe Yamaguchi-gumi terwujud karena Yamaken-gumi meninggalkan Yamaguchi-gumi ke-6, dan masalah pembagian Yamaguchi-gumi berlanjut hingga hari ini.

Namun, saat itu (saat 2015), Yamaken-gumi adalah generasi keempat, dan pemimpinnya adalah Kunio Inoue, pemimpin Kobe Yamaguchi-gumi.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas