Tribun

Konflik di Afghanistan

Taliban Hancurkan Pangkalan ISIS-K dan Habisi Militan, Balasan atas Bom Masjid

Taliban mengklaim telah menghancurkan pangkalan ISIS-K di utara Kabul setelah ledakan mematikan di sebuah masjid di ibukota Afghanistan Minggu lalu.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Miftah
Taliban Hancurkan Pangkalan ISIS-K dan Habisi Militan, Balasan atas Bom Masjid
AFP
Pejuang Taliban di atas kendaraan Humvee berparade di sepanjang jalan di Kandahar, Rabu (1/9/2021) untuk merayakan semua pasukan AS keluar dari Afghanistan. 

TRIBUNNEWS.COM - Taliban mengklaim telah menghancurkan pangkalan ISIS-K di utara Kabul setelah ledakan mematikan di sebuah masjid di ibukota Afghanistan akhir pekan lalu.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid dalam pernyataannya mengatakan bahwa pihaknya melakukan serangan balik terhadap sel itu pada Minggu malam.

Operasi itu, jelas Mujahid, berhasil menghancurkan pangkalan ISIS-Khorasan.

"Pangkalan ISIS hancur total dan semua anggota ISIS di dalamnya tewas akibat serangan yang menentukan dan sukses ini," katanya, dilaporkan Reuters.

Warga sekitar mengatakan, pasukan Taliban mengepung wilayah itu sebelum melakukan serangan pada pukul 19.30.

Baca juga: Walau Ditakuti, Hukum Versi Taliban Dinilai Bebas Korup Tak Seperti Pemerintah yang Didukung AS

Baca juga: Afghanistan Disebut akan Kehilangan Aliran Listrik Bila Tak Segera Bayar Tagihan

Anggota unit militer Taliban Badri 313 mengenakan seragam militer AS,  tiba di gerbang masuk utama bandara di Kabul, Selasa, (31 Agustus 2021), setelah AS menarik semua pasukannya keluar dari negara itu untuk mengakhiri perang 20 tahun yang brutal -- perang yang dimulai dan berakhir dengan kekuasaan Islamis garis keras. (Wakil KOHSAR/AFP)
Anggota unit militer Taliban Badri 313 mengenakan seragam militer AS, tiba di gerbang masuk utama bandara di Kabul, Selasa, (31 Agustus 2021), setelah AS menarik semua pasukannya keluar dari negara itu untuk mengakhiri perang 20 tahun yang brutal -- perang yang dimulai dan berakhir dengan kekuasaan Islamis garis keras. (Wakil KOHSAR/AFP) (AFP/WAKIL KOHSAR)

Sempat terjadi baku tembak selama beberapa jam.

Bahkan ada dua ledakan yang dilakukan para pejuang ISIS-K.

"Selama sekitar tiga jam terjadi bentrokan yang sangat intens dan beberapa ledakan kuat juga terjadi," kata Hashmatullah, seorang penjaga toko setempat.

Seorang warga lainnya mengatakan ledakan terakhir terjadi sekitar pukul 23.30.

Saat itu sebuah mobil berisi bahan peledak meledak dan menewaskan semua pejuang ISIS di gedung tempat mereka bersembunyi.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas