Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Khawatir Keselamatan Mereka, Aung San Suu Kyi Tak Akan Ajukan Saksi Pembela

Pemimpin demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi, tidak akan mendatangkan saksi pembela dalam persidangannya, diduga karena khawatir keamanan mereka

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Khawatir Keselamatan Mereka, Aung San Suu Kyi Tak Akan Ajukan Saksi Pembela
STR / AFP
Dalam foto file yang diambil pada 17 Juli 2019 ini, Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi berbicara selama upacara pembukaan Pusat Inovasi Yangon di Yangon. Pemimpin sipil Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi terkena dua dakwaan pidana baru ketika dia muncul di pengadilan melalui tautan video pada 1 Maret 2021, sebulan setelah kudeta militer yang memicu protes besar-besaran tanpa henti 

TRIBUNNEWS.COM, YANGON - Pemimpin demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi tidak akan mengajukan saksi pembela dalam persidangan terhadap dirinya.

“Aung San Suu Kyi dan mantan presiden Win Myint tidak akan mendatangkan saksi dalam pembelaan mereka,” kata pengacaranya Khin Maung Zaw, Selasa (5/10/2021), setelah prasidang terakhir dalam persidangan dengan dakwaan penghasutan.

Khin Maung mengatakan, Aung San Suu Kyi dijadwalkan untuk bersaksi dalam persidangan pada 26 Oktober.

Richard Horsey dari kelompok Krisis Internasional mengatakan Aung San Suu Kyi pasti mengkhawatirkan keselamatan siapa pun yang akan dia panggil sebagai saksi pembela.

Aung San Suu Kyi diadili pada bulan Juni, empat bulan setelah dia ditahan dalam kudeta yang memicu protes demokrasi besar-besaran.

Baca juga: Aung San Suu Kyi akan Diadili pada 1 Oktober Mendatang Terkait Tuduhan Korupsi

Baca juga: Pemimpin Myanmar yang Dikudeta, Aung San Suu Kyi Absen Persidangan karena Mabuk Perjalanan

Wanita berusia 76 tahun itu menghadapi serangkaian tuduhan, mulai dari penghasutan hingga mengimpor walkie-talkie secara ilegal, yang bisa membuatnya dipenjara selama beberapa dekade.

Di bawah tahanan rumah sejak kudeta, satu-satunya hubungan peraih Nobel ini  ke dunia luar adalah melalui pertemuan pra-sidang dengan pengacaranya.

BERITA TERKAIT

Junta telah mengancam untuk membubarkan partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San dan terus melancarkan kampanye berdarah melawan lawan-lawan kekuasaannya.

Jurnalis AS

Dalam persidangan terpisah, seorang jurnalis Amerika yang dipenjara sejak Mei telah dikenai dakwaan pidana kedua, kata pengacaranya kepada AFP.

Danny Fenster, redaktur pelaksana Frontier Myanmar, ditahan di Bandara Internasional Yangon saat ia berusaha meninggalkan negara itu.

Baca juga: Aung San Suu Kyi Dijerat 4 Tuntutan Pidana Tambahan saat PBB Desak Rekonsiliasi

Baca juga: PBB Desak Junta Militer Myanmar Bebaskan Aung San Suu Kyi

Dia saat ini diadili karena diduga mendorong perbedaan pendapat terhadap militer, yang membuatnya terancama hukuman penjara maksimal tiga tahun.

Pengacaranya, Than Zaw Aung, mengatakan selama sidang terakhir di penjara Insein di Yangon pada hari Senin, Fenster dikenakan dakwaan asosiasi yang melanggar hukum.

Hukuman di bawah hukum era kolonial juga membawa hukuman maksimal tiga tahun penjara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas