Tribun

Virus Corona

Pemerintah Jepang Belum Pastikan Kapan Terbitkan Aplikasi Paspor Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Jepang belum memastikan kapan akan menerbitkan aplikasi paspor vaksinasi Covid-19.

Editor: Dewi Agustina
Pemerintah Jepang Belum Pastikan Kapan Terbitkan Aplikasi Paspor Vaksinasi Covid-19
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Menteri Promosi Vaksinasi Jepang, Noriko Horiuchi (55). Noriko adalah lulusan Universitas Gakushuin. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hingga saat ini pemerintah Jepang belum memastikan kapan akan menerbitkan aplikasi paspor vaksinasi Covid-19.

"Pemerintah masih membahas lebih lanjut mengenai aplikasi paspor vaksinasi yang bisa dipakai secara internasional. Masih belum diketahui kapan bisa dikeluarkan," kata Menteri Promosi Vaksinasi Noriko Horiuchi (55), lulusan Universitas Gakushuin kepada Tribunnews.com, Jumat (8/10/2021).

Paspor vaksinasi yang ada selama ini sudah diterbitkan pemerintah Jepang khususnya dari Kementerian Kesehatan Jepang sejak Agustus 2021 dalam bentuk kertas.

Yang berminat membuat paspor vaksin harus mengajukan berbagai dokumen yang dibutuhkan serta waktu rencana kapan akan ke luar negeri.

Setelah diajukan ke kantor wali kota setempat, sekitar 10 hari surat akan terbit dan dikirim langsung ke rumah pemohon.

Baca juga: Sekretaris Kabinet Jepang Mulai Menerima Aplikasi untuk Paspor Vaksinasi

Paspor vaksinasi itu disarankan untuk disimpan di ponsel agar memudahkan saat bepergian ke luar negeri dan dapat diperlihatkan kepada petugas karantina negara yang bersangkutan.

Jepang telah bekerjasama dengan beberapa negara khususnya di Eropa dan Amerika yang memungkinkan pemegang paspor vaksinasi tidak menjalankan karantina lagi di negara tujuan tersebut.

Sementara itu Beasiswa dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas