Tribun
BBC

Drakor DP di Netflix ungkap sisi kelam wajib militer Korea Selatan

Serial DP yang ditayangkan Netflix terasa begitu personal bagi mereka yang pernah dirundung saat menjalani wajib militer di Korea Selatan

Seorang prajurit wamil ditampar, kemudian rekannya dihajar sampai babak belur oleh seorang anggota militer berpangkat lebih tinggi karena iseng saja.

Itu adalah sekelumit adegan drama Korea Selatan alias drakor berjudul DP yang kini ditayangkan Netflix. Sejak muncul pertama kali, serial tersebut menimbulkan perdebatan karena mengungkap sisi kelam wajib militer Korea Selatan.

Di media sosial, sejumlah warganet berpendapat serial tersebut berlebihan, mengingat kehidupan militer di Korsel dianggap menjadi lebih mudah dalam satu dekade terakhir.

Namun kenyataannya, kejadian bunuh diri serta pengakuan mengenai adanya penyiksaan di dalam tubuh militer, berulang kali menjadi tajuk pemberitaan media Korsel.

Awal pekan ini, misalnya, sebanyak 15 orang didakwa menyangkut kematian seorang personel perempuan angkatan udara yang bunuh diri, setelah diduga mengalami pelecehan seksual.

Baca juga:

Bagi mereka yang pernah dirundung saat menjalani wajib militer, serial DP terasa begitu personal.

"Drama ini membuat saya mengalami PTSD [gangguan stres pascatrauma]," sebut seorang warganet di YouTube.

"Semua mimpi buruk saya muncul lagi dan saya harus berhenti menonton serial itu," tulis warganet lainnya.

Kim Bo-tong, selaku penulis skenario sekaligus pencipta serial ini, menulis di Instagram: "DP diciptakan untuk mengakhiri ilusi bahwa seolah-olah keadaan saat ini sudah membaik."

Budaya perundungan

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas