Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Lebih dari 90 Persen Penduduk Dewasa Divaksin Covid-19, Malaysia Buka Perbatasan Domestik

Lebih dari 90 persen penduduk dewasa Malaysia telah divaksin Covid-19, dan Perdana Menteri Malaysia mengumumkan perbatasan domestik dibuka mulai Senin

Lebih dari 90 Persen Penduduk Dewasa Divaksin Covid-19, Malaysia Buka Perbatasan Domestik
AFP
Seorang personel polisi berfoto selfie bersama dengan yang lain di pembatas jalan di East Coast Expressway (Kuala Lumpur–Karak) pada hari terakhir lockdown sebagian yang ditetapkan oleh pihak berwenang yang membatasi perjalanan di setiap negara bagian dan distrik untuk mengekang penyebaran Covid-19 virus corona di Bentong, negara bagian Pahang Malaysia pada 10 Oktober 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, PETALING JAYA – Malaysia telah melakukan vaksinasi lengkap Covid-19 terhadap lebih dari 90 persen penduduk dewasa setelah 129.518 dosis vaksin Covid-19 diberikan pada Minggu (10/10/2021).

Dilansir dari The Straits Times, Panitia Khusus Penanganan Pasokan Vaksin Covid- 19 mengungkapkan melalui unggahan di twitter Senin (11/10/2021) bahwa total 45.650.714 dosis vaksin Covid-19 telah diberikan sejauh ini sejak dimulainya Program Imunisasi Nasional Covid-19.

Dilaporkan juga bahwa 94,8 persen populasi orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 dua dosis.

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengumumkan pada hari Minggu (10/10/2021)  bahwa perbatasan domestic dibuka mulai Senin (11 Oktober), tetapi hanya untuk mereka yang divaksinasi penuh terhadap Covid-19.

Datuk Seri Ismail mengatakan keputusan untuk mencabut larangan perjalanan antarnegara bagian dibuat karena 90 persen dari populasi orang dewasa telah divaksinasi sepenuhnya.

Baca juga: 90 Persen Populasi Dewasa Sudah Divaksinasi, Malaysia Buka Perbatasan Internasional Pada Desember

Baca juga: Malaysia Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk Booster

"Warga Malaysia bebas untuk berkumpul kembali dengan orang tua mereka dan juga pergi berlibur," katanya dalam pidato khusus pada hari Minggu.

Sabri Yaakob mengatakan, bisnis dan mata pencaharian akan berjalan normal.

“Kalaupun kasusnya naik, kami hanya akan fokus (pembatasan) pada area tertentu. Pembukaan kembali akan terus dilakukan meskipun ada lonjakan, tetapi kami dapat memastikan tidak ada penutupan sama sekali jika kami mematuhi SOP,” katanya.

Warga Malaysia yang divaksinasi lengkap, bersama dengan anak-anak mereka, akan diizinkan melakukan perjalanan domestik ke seluruh negeri.

Yang mau jalan-jalan ke luar negeri juga bisa. Namun, karantina wajib 14 hari tetap berlaku bagi siapa pun yang memasuki Malaysia.

Baca juga: Malaysia Izinkan Penggunaan Vaksin Merk Berbeda Sebagai Booster

Baca juga: Malaysia Kembali Buka Wisata Medis, Begini Prosedurnya Buat WNI yang Memanfaatkan Layanan Ini 

Halaman
12
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas