Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Gelar Latihan Perang Besar di Tepi Selat Hormuz

Iran menuduh AS hendak menyita kapal tanker bermuatan minyak Iran di Laut Oman.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Iran Gelar Latihan Perang Besar di Tepi Selat Hormuz
Atta Kenare/AFP
Tentara Iran mengambil bagian dalam "Hari Teluk Persia Nasional" di Selat Hormuz, pada 30 April 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Tentara Iran mengadakan latihan militer laut, darat, dan udara skala besar.

Latihan ini digelar tak lama setelah Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dan Angkatan Laut Amerika Serikat terlibat konfrontasi di Laut Oman atas sebuah kapal tanker minyak yang hendak disita.

Latihan itu dilakukan Minggu (7/10/2021) pagi dan diharapkan menggabungkan kekuatan tentara, kapal, kendaraan lapis baja, pesawat berawak dan tak berawak, dan sistem rudal dan radar dalam kapasitas ofensif dan defensif.




Panglima Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Abdolrahim Mousavi, mengatakan latihan diadakan di area seluas satu juta kilometer persegi (386.000 mil persegi) timur Selat Hormuz, Laut Oman, dan bagian utara Samudera Hindia.

Baca juga: Presiden Biden: AS Akan Balas Setiap Aksi Iran

Baca juga: Saudi-Iran Gelar Negosiasi Rahasia, Pangeran MBS Ingin Bersahabat dengan Teheran

Di darat, latihan akan diadakan di area umum provinsi tenggara Sistan dan Balochistan, dan Hormozgan, di samping pantai Makran.

“Karena kami menyadari musuh berusaha mengumpulkan informasi yang diperlukan setelah pasukan kami bergerak di daerah itu,” katanya.

“Mulai hari ini kami memperkuat upaya kami untuk memantau pergerakan musuh yang telah dimulai beberapa hari yang lalu,” imbuhnya dari pelabuhan tenggara Konarak.

BERITA TERKAIT

Mousavi juga merinci pada hari pertama latihan, pasukan komando melakukan operasi untuk menembus pertahanan pantai musuh dari laut.

Sementara pasukan Iran dan sistem rudal dan radar akan mensimulasikan pertahanan garis pantai.

Televisi pemerintah menayangkan cuplikan speedboat yang bermanuver di laut, tentara yang menaiki helikopter tempur, dan pasukan komando yang terjun payung dari pesawat untuk mendarat di area pantai.

Tentara Iran dan IRGC telah mengadakan beberapa latihan skala besar di berbagai bagian negara itu dalam beberapa bulan terakhir di tengah ketegangan dengan AS, ancaman Israel, dan ketidaksepakatan dengan tetangga barat laut Azerbaijan.

Pejabat militer Iran pada Minggu terus memuji kemampuan militer negara itu dalam kaitannya dengan konfrontasi atas sebuah kapal tanker berbendera Vietnam yang dipublikasikan pada Rabu.

Mereka mengatakan AS mencoba merebut untuk "mencuri" muatannya dari minyak Iran. Tidak jelas ke mana kapal tanker itu menuju.

Yadollah Javani, wakil politik IRGC, mengatakan kepada penyiar televise Negara, AS berusaha mencegah penjualan minyak Iran dan menegakkan sanksi sepihak yang dijatuhkannya setelah penarikan 2018 dari kesepakatan nuklir Iran 2015.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas