Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tuvalu Persiapkan Rencana untuk Skenario Terburuk Bila Negaranya Terendam Air Laut yang Semakin Naik

Bila negaranya tenggelam akibat tingginya air laut, Tuvalu mempersiapkan cara agar tetap bisa mempertahankan zona maritim dan kedaulatan negara

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Inza Maliana
zoom-in Tuvalu Persiapkan Rencana untuk Skenario Terburuk Bila Negaranya Terendam Air Laut yang Semakin Naik
Handout / MINISTRY OF JUSTICE-COMMS AND FOREIGN AFFAIRS TUVALU / AFP
Pengambilan video ini diambil dari rekaman yang dirilis oleh Kementerian Kehakiman-Komunikasi dan Luar Negeri Tuvalu pada 9 November 2021, menunjukkan Menteri Luar Negeri Tuvalu Simon Kofe berdiri setinggi paha di air laut di lepas pantai Tuvalu, saat ia berpidato di depan para delegasi di COP26 PBB yang sedang berlangsung Konferensi Perubahan Iklim di Glasgow. 

TRIBUNNEWS.COM - Tuvalu sedang mencari langkah hukum untuk mempertahankan kepemilikannya atas zona maritim dan pengakuan sebagai negara bahkan jika negara kepulauan Pasifik itu benar-benar tenggelam karena perubahan iklim, kata menteri luar negerinya.

"Kami sebenarnya membayangkan skenario terburuk di mana kami terpaksa pindah atau bila tanah kami terendam," kata menteri Simon Kofe, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Kami sedang mencari jalan hukum di mana kami dapat mempertahankan kepemilikan kami atas zona maritim kami, mempertahankan pengakuan kami sebagai negara di bawah hukum internasional."

"Jadi itu adalah langkah yang kami ambil, melihat ke depan," katanya.

Sebelumnya, video pidato Simon Kofe video untuk konferensi perubahan iklim COP26 viral di media sosial.

Menteri itu menyampaikan pidatonya di tengah laut.

Pengambilan video ini diambil dari rekaman yang dirilis oleh Kementerian Kehakiman-Komunikasi dan Luar Negeri Tuvalu pada 9 November 2021, menunjukkan Menteri Luar Negeri Tuvalu Simon Kofe berdiri setinggi paha di air laut di lepas pantai Tuvalu, saat ia berpidato di depan para delegasi di COP26 PBB yang sedang berlangsung Konferensi Perubahan Iklim di Glasgow.
Pengambilan video ini diambil dari rekaman yang dirilis oleh Kementerian Kehakiman-Komunikasi dan Luar Negeri Tuvalu pada 9 November 2021, menunjukkan Menteri Luar Negeri Tuvalu Simon Kofe berdiri setinggi paha di air laut di lepas pantai Tuvalu, saat ia berpidato di depan para delegasi di COP26 PBB yang sedang berlangsung Konferensi Perubahan Iklim di Glasgow. (Handout / MINISTRY OF JUSTICE-COMMS AND FOREIGN AFFAIRS TUVALU / AFP)

Ia berpakaian setelan jas rapi dan masuk ke perairan yang dulunya merupakan daratan kering.

BERITA TERKAIT

Dilansir NBC News, peraian Tuvalu, yang titik tertingginya adalah 4,5 meter di atas laut, naik 0,5 cm per tahun, melebihi tinggi dari rata-rata dunia.

Seperti banyak negara tetangganya, Tuvalu memperingatkan bahwa tanpa tindakan global, daratannya hampir pasti akan tenggelam seluruhnya.

Negara-negara kepulauan Pasifik seperti Tuvalu termasuk yang paling berisiko atas perubahan iklim.

Wabah virus corona dan kesulitan bepergian di tengah pandemi telah membuat sebagian besar pemimpin mereka tidak menghadiri KTT di Glasgow, Skotlandia.

Baca juga: COP26: Tersisa Sedikit Waktu, Tapi Segunung Tantangan Atasi Krisis Iklim

Baca juga: Berita Foto : Little Amal Boneka Raksasa Curi Perhatian KTT Perubahan Iklim

Dalam pidatonya yang ditayangkan Selasa (9/11/2021), Kofe mengatakan delapan pulau di Tuvalu adalah "suci" bagi 12.000 penduduknya.

"Mereka adalah rumah nenek moyang kami, mereka adalah rumah rakyat kami hari ini dan kami ingin mereka tetap menjadi rumah rakyat kami di masa depan," katanya.

Menteri Luar Negeri Tuvalu, Simon Kofe, menyampaikan pidatonya untuk COP26
Menteri Luar Negeri Tuvalu, Simon Kofe, menyampaikan pidatonya untuk COP26 (Screenshot Twitter)

Foto-foto Kofe yang merekam pidato untuk KTT Cop26 di laut beredar luas di media sosial selama beberapa hari terakhir.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas