Tribun

Virus Corona

Moderna Sebut Vaksin Covid-19 untuk Varian Omicron akan Siap Awal Tahun 2022

Moderna mengatakan akan siap meluncurkan vaksin yang diformulasikan ulang khusus untuk melawan varian virus corona Omicron pada awal tahun depan.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Fajar Nasucha
Moderna Sebut Vaksin Covid-19 untuk Varian Omicron akan Siap Awal Tahun 2022
Joseph Prezioso / AFP
(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 02 Desember 2020, logo Moderna terllihat di kampus Moderna di Norwood, Massachusetts. Moderna mengatakan akan siap meluncurkan vaksin yang diformulasikan ulang khusus untuk melawan varian virus corona Omicron pada awal tahun depan. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Petugas Medis Moderna Paul Burton mengatakan pada hari Minggu (28/11/2021) bahwa pihaknya dapat meluncurkan vaksin yang diformulasikan ulang khusus untuk melawan varian virus corona Omicron pada awal tahun depan.

Saat ini, belum jelas apakah formulasi baru diperlukan, atau apakah vaksinasi Covid-19 saat ini dapat memberikan perlindungan terhadap varian baru yang mulai menyebar ke seluruh dunia, menurut CNBC.

"Kita harus tahu tentang kemampuan vaksin saat ini untuk memberikan perlindungan dalam beberapa minggu ke depan, tetapi hal yang luar biasa tentang vaksin MRNA, platform Moderna adalah bahwa kita dapat bergerak sangat cepat," kata Burton di acara Andrew Marr Show BBC.

"Jika kita harus membuat vaksin baru, saya pikir vaksin itu akan tersedia pada awal 2022 sebelum benar-benar diproduksi dalam jumlah besar," tambah kepala Moderna itu.

Baca juga: Cegah Masuknya Varian Omicron, Pemerintah Melakukan Pelarangan Masuk bagi WNA dari 11 Negara Ini

Baca juga: Ancaman Omicron, Asosiasi Medis Dunia Ingatkan Varian Baru Covid-19 Sama Mematikannya dengan Ebola

Tampak pada gambar vaksin Covid-19 Moderna yang akan menjadi dosis ketiga atau vaksin booster dan jarum suntik bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Penyuntikan dosis ketiga itu dimaksudkan untuk memberikan proteksi tambahan kepada petugas kesehatan, terutama bagi yang merawat pasien Covid-19.?Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan?booster? vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) ditargetkan selesai pada minggu kedua Agustus 2021 dengan jumlah nakes yang menjadi prioritas penerima vaksin sebanyak 1.468.764 orang. Tribunnews/Jeprima
Tampak pada gambar vaksin Covid-19 Moderna yang akan menjadi dosis ketiga atau vaksin booster dan jarum suntik bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS/Jeprima)

Vaksin saat ini dapat memberikan sejumlah perlindungan, tergantung pada berapa lama seseorang disuntik, kata Burton.

Namun, dia mengatakan orang yang tidak divaksinasi harus divaksinasi atau menerima suntikan booster jika memenuhi syarat.

Pfizer: Vaksin Baru Siap dalam 100 Hari Jika Varian Covid-19 Omicron Kebal Terhadap Vaksin Saat Ini

Sementara itu, Pfizer yang memproduksi vaksin dengan teknologi yang sama, sebelumnya juga mengungkapkan kesiapan mereka untuk bisa memproduksi vaksin khusus varian Omicron.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas