Tribun

Virus Corona

Kebingungan Jadwal Para Pejabat Jepang, Jadi Mengambang Gara-gara Omicron

Para pejabat pemerintahan termasuk kantor PM Jepang mulai bingung mengatur jadwal kembali gara-gara penyebaran corona Omicron belakangan ini. Jadwal

Editor: Johnson Simanjuntak
Kebingungan Jadwal Para Pejabat Jepang, Jadi Mengambang Gara-gara Omicron
Foto NHK
Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno sore ini (2/12/2021) dalam jumpa persnya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Para pejabat pemerintahan termasuk kantor PM Jepang mulai bingung mengatur jadwal kembali gara-gara penyebaran corona Omicron belakangan ini. Jadwal yang ada jadi mengambang belum ada kepastian kini.

Hal ini dapat mempengaruhi kunjungan Perdana Menteri Fumio Kishida pula ke Amerika Serikat pada akhir tahun 2021.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno hanya menyatakan kemarin (1/12/2021) bahwa kunjungan Perdana Menteri ke Amerika Serikat "belum ada yang diputuskan saat ini." Kini jadi mengambang, tambahnya.

Demikian pula jadwal Menteri Luar Negeri Jepang.

"Saya terpaksa menunda keberangkatan ke Jenewa dan WTO juga mengundurkan rapat ke masa depan gara-gara penyebaran Omicron," papar Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi hari Selasa lalu (30/11/2021).

Pertemuan Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) awalnya dijadwalkan akhir November hingga 1 Desember 2021 menjadi ditunda.

Kekecewaan menyebar di lingkungan Kementerian Luar Negeri hanya karena varian Delta semakin konvergen sementara momentum untuk melanjutkan diplomasi tatap muka semakin meningkat.

Kekhawatiran tentang varian Omicron juga meningkat pada akhir November, dan setiap negara memperkuat tindakan perbatasan sekaligus.

Jenewa Swiss, sebagai tempat Konferensi Tingkat Menteri WTO akan diadakan, juga telah memperketat pembatasan perjalanan, dan konferensi tersebut telah ditunda.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas