Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siswa 15 Tahun Didakwa Pembunuhan dan Terorisme atas Penembakan di Oxford High School Michigan

Siswa laki-laki berusia 15 tahun didakwa dengan pembunuhan dan terorisme atas penembakan di Oxford High School, Michigan yang menewaskan empat orang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Inza Maliana
zoom-in Siswa 15 Tahun Didakwa Pembunuhan dan Terorisme atas Penembakan di Oxford High School Michigan
AFP/JEFF KOWALSKY
Orang-orang memegang lilin saat berjaga setelah penembakan di Oxford High School di Lake Pointe Community Church di Lake Orion, Michigan pada 30 November 2021. - Seorang siswa berusia 15 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengah Michigan-nya pada 30 November, menewaskan tiga orang remaja dan melukai delapan orang lainnya sebelum menyerahkan diri ke polisi, kata pihak berwenang, dalam apa yang merupakan penembakan sekolah paling mematikan di AS sepanjang tahun ini. (Photo by JEFF KOWALSKY / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -  Ethan Crumbley, siswa laki-laki berusia 15 tahun didakwa dengan pembunuhan dan terorisme atas penembakan di Oxford High School, Michigan.

Akibat insiden yang berlangsung pada Selasa sore (30/11/2021), empat orang siwa meninggal dunia dan beberapa orang lainnya terluka.

Sebelumnya, Sheriff Mike Bouchard mengatakan kepada wartawan bahwa orang tua Crumbley dipanggil ke sekolah di hari kejadian karena anaknya memiliki catatan perilaku yang mengkhawatirkan di kelas.




Melansir APNews, otoritas Oakland County tidak membagikan motif dari penembakan tersebut.

Baca juga: Pengakuan Terbaru Alec Baldwin Soal Penembakan di Lokasi Syuting: Saya Tak Menarik Pelatuknya

Baca juga: Kasus Penembakan di Bintaro, Ipda OS dan Pelapor yang Merasa Dibuntuti Ternyata Saling Kenal

Orang-orang memegang lilin saat berjaga setelah penembakan di Oxford High School di Lake Pointe Community Church di Lake Orion, Michigan pada 30 November 2021. - Seorang siswa berusia 15 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengah Michigan-nya pada 30 November, menewaskan tiga orang remaja dan melukai delapan orang lainnya sebelum menyerahkan diri ke polisi, kata pihak berwenang, dalam apa yang merupakan penembakan sekolah paling mematikan di AS sepanjang tahun ini. (Photo by JEFF KOWALSKY / AFP)
Orang-orang memegang lilin saat berjaga setelah penembakan di Oxford High School di Lake Pointe Community Church di Lake Orion, Michigan pada 30 November 2021. - Seorang siswa berusia 15 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengah Michigan-nya pada 30 November, menewaskan tiga orang remaja dan melukai delapan orang lainnya sebelum menyerahkan diri ke polisi, kata pihak berwenang, dalam apa yang merupakan penembakan sekolah paling mematikan di AS sepanjang tahun ini. (Photo by JEFF KOWALSKY / AFP) (AFP/JEFF KOWALSKY)

Namun jaksa Karen McDonald mengatakan penembakan itu direncanakan, berdasarkan "segunung bukti digital" yang dikumpulkan oleh polisi.

"Ini bukan hanya tindakan impulsif," kata McDonald.

Memang, Lt. Tim Willis sheriff mengatakan kepada hakim bahwa Ethan Crumbley merekam video malam sebelum kekerasan di mana dia membahas pembunuhan siswa.

BERITA TERKAIT

Crumbley didakwa sebagai orang dewasa dengan pembunuhan, percobaan pembunuhan, terorisme yang menyebabkan kematian dan kejahatan senjata.

Ketika ditanya apakah ia memahami tuduhan itu, Ethan menjawab; "Ya, saya mengerti".

Baca juga: Pengacara Tim Kampanye Trump Berhenti Gugat Michigan

Baca juga: Penembakan di Oxford: 3 Tewas dan 6 Terluka, Tersangka Seorang Siswa Berusia 15 Tahun

Siswa SMA Oxford yang memegang lilin menjadi emosional ketika mereka diminta untuk berdiri saat berjaga setelah penembakan di Oxford High School di Gereja Komunitas Lake Pointe di Danau Orion, Michigan pada 30 November 2021. - Seorang siswa berusia 15 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengah Michigan-nya pada 30 November, menewaskan tiga remaja dan melukai delapan orang lainnya sebelum menyerahkan diri kepada polisi, kata pihak berwenang, dalam apa yang merupakan penembakan sekolah paling mematikan di AS sepanjang tahun ini. (Photo by JEFF KOWALSKY / AFP)
Siswa SMA Oxford yang memegang lilin menjadi emosional ketika mereka diminta untuk berdiri saat berjaga setelah penembakan di Oxford High School di Gereja Komunitas Lake Pointe di Danau Orion, Michigan pada 30 November 2021. - Seorang siswa berusia 15 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengah Michigan-nya pada 30 November, menewaskan tiga remaja dan melukai delapan orang lainnya sebelum menyerahkan diri kepada polisi, kata pihak berwenang, dalam apa yang merupakan penembakan sekolah paling mematikan di AS sepanjang tahun ini. (Photo by JEFF KOWALSKY / AFP) (AFP/JEFF KOWALSKY)

Sementara itu, pengacara pembela Scott Kozak mengajukan pembelaan tidak bersalah.

"Ia sengaja membawa pistol hari itu dengan maksud untuk membunuh siswa sebanyak yang ia bisa," kata asisten jaksa Marc Keast yang berhasil berdebat tanpa jaminan dan transfer ke penjara dari fasilitas remaja.

Keast mengatakan di pengadilan bahwa Crumbley memasuki kamar mandi dengan ransel dan keluar dengan membawa pistol semi-otomatis, menembaki siswa sambil bergerak menyusuri lorong.

Empat siswa yang tewas diidentifikasi sebagai Tate Myre (16), Hana St Juliana (14), Madisyn Baldwin (17), dan Justin Shilling (17).

Bouchard tidak memberikan rincian tentang apa yang telah mengganggu pejabat sekolah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas