Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Kecam Taliban atas Pembunuhan Mantan Pasukan Keamanan Afghanistan

AS dan negara-negara sekutunya mengecam Taliban yang telah membunuh mantan pasukan keamanan Afghanistan.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in AS Kecam Taliban atas Pembunuhan Mantan Pasukan Keamanan Afghanistan
Wakil KOHSAR / AFP
Dalam foto file ini, personel militer Afghanistan berjalan di dekat bandara selama pertempuran antara militan Taliban dan pasukan keamanan Afghanistan di Kunduz pada 1 Oktober 2015 - AS mengecam Taliban yang telah membunuh mantan pasukan keamanan Afghanistan. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat dan sekutunya mengutuk Taliban atas laporan pembunuhan terhadap mantan anggota pasukan keamanan Afghanistan, Sabtu (4/12/2021).

Sebelumnya, Human Rights Watch (HRW) melaporkan Taliban telah membunuh lebih dari 100 mantan pasukan kemanan Afghanistan.

Amerika yang memimpin negara-negara Barat bersama sekutunya, menyampaikan keprihatinan atas pembunuhan yang dilakukan oleh anggota Taliban.




"Kami sangat prihatin dengan laporan pembunuhan dan penghilangan paksa mantan anggota pasukan keamanan Afghanistan, seperti yang didokumentasikan oleh Human Rights Watch dan lainnya," bunyi pernyataan dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Australia, Inggris, Jepang, dan lainnya, yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri, dikutip dari CNA.

"Kami menggarisbawahi bahwa tindakan yang diduga merupakan pelanggaran hak asasi manusia yang serius dan bertentangan dengan amnesti yang diumumkan Taliban," kata kelompok negara itu.

Baca juga: Macron: Prancis dan Eropa Akan Buka Misi di Afghanistan, Tapi Bukan Pengakuan Diplomatik

Baca juga: Taliban Keluarkan Dekrit Larang Nikah Paksa di Afghanistan: Perempuan Tak Boleh Dianggap Properti

Mereka menyerukan penguasa baru Afghanistan untuk memastikan amnesti ditegakkan dan "dijunjung tinggi di seluruh negeri dan di seluruh jajaran mereka."

Awal pekan ini, Human Rights Watch (HRW) merilis sebuah laporan yang dikatakan mendokumentasikan ringkasan eksekusi atau penghilangan paksa 47 mantan anggota Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan, personel militer lainnya, polisi, dan agen intelijen yang telah menyerah atau ditangkap oleh pasukan Taliban dari pertengahan Agustus hingga Oktober.

BERITA TERKAIT

"Kasus yang dilaporkan harus diselidiki segera dan secara transparan, mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban, dan langkah-langkah ini harus dipublikasikan dengan jelas sebagai pencegah langsung terhadap pembunuhan dan penghilangan lebih lanjut," isi pernyataan negara-negara tersebut, yang meliputi Kanada, Selandia Baru, Rumania, Ukraina, dan beberapa negara Eropa.

"Kami akan terus mengecam Taliban dengan tindakan mereka."

Lebih dari 100 Mantan Pasukan Keamanan Afghanistan Terbunuh

Lebih dari 100 mantan pasukan keamanan Afghanistan telah dibunuh oleh anggota Taliban atau telah hilang sejak kelompok tersebut mengambil alih kekuasaan.

Menurut sebuah laporan oleh Human Rights Watch (HRW), amnesti yang dijanjikan oleh kepemimpinan Taliban tidak mampu mencegah komandan lokal menyerang mantan tentara dan polisi.

Dilansir BBC, HRW juga menuduh pemimpin Taliban memaafkan pembunuhan yang dilakukan secara sengaja.

Namun, seorang juru bicara Taliban baru-baru ini membantah terjadinya pembunuhan balas dendam.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas