Tribun

Kecelakaan Helikopter di India Menewaskan 13 Orang, Termasuk Kepala Staf Pertahanan

Kepala pertahanan India Jenderal Bipin Rawat dan 12 orang lainnya tewas setelah helikopter militer yang mereka tumpangi jatuh.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
Kecelakaan Helikopter di India Menewaskan 13 Orang, Termasuk Kepala Staf Pertahanan
AFP
Puing-puing di lokasi kecelakaan helikopter IAF Mi-17V5 di Coonoor, Tamil Nadu, pada 8 Desember 2021. Sebuah helikopter yang membawa kepala pertahanan India Jenderal Bipin Rawat jatuh. 

TRIBUNNEWS.COM - Helikopter militer di India jatuh dan menewaskan sedikitnya 13 orang.

Melansir Al Jazeera, Kepala Pertahanan India, Jenderal Bipin Rawat, istrinya, dan 11 orang lainnya tewas setelah sebuah helikopter militer yang mereka tumpangi jatuh di negara bagian selatan Tamil Nadu, India, Rabu (8/12/2021).

"Kecelakaan tragis itu terjadi di dekat Kota Coonoor pada Rabu siang hari," kata Angkatan Udara India (IAF) dalam sebuah cuitan di Twitter.

Helikopter Mi-17V5 buatan Rusia jatuh ketika sedang dalam perjalanan dari pangkalan angkatan udara ke Sekolah Staf Layanan Pertahanan.

Baca juga: Hyundai Inves 530 Juta Dolar AS, Serbu Pasar India dengan 6 Kendaraan Listrik

Baca juga: Rusia Mulai Kirim Sistem Rudal Pertahanan Udara  S-400 ke India

Hingga saat ini, penyebab kecelakaan itu masih belum diketahui.

Sementara pihak berwenang mengatakan sedang melakukan penyelidikan.

Angkatan udara mengatakan, seorang perwira, Kapten Grup Varun Singh, selamat dan dirawat di rumah sakit militer.

Dilaporkan dari New Delhi, Elizabeth Puranam dari Al Jazeera mengatakan, perjalanan ke Sekolah Staf Layanan Pertahanan “tidak seharusnya menjadi perjalanan yang sangat panjang, tetapi ini adalah wilayah yang sangat bergunung-gunung, dengan banyak hutan”.

Video yang disiarkan di saluran berita India menunjukkan helikopter terbakar di daerah hutan lebat dekat kampus ketika penduduk setempat mencoba memadamkan api dan mengeluarkan mayat dari reruntuhan.

Bangkai helikopter yang membawa Kepala Staf Pertahanan India Jenderal Bipin Rawat.
Bangkai helikopter yang membawa Kepala Staf Pertahanan India Jenderal Bipin Rawat yang tewas pada Rabu 8 Desember 2021 ketika helikopter Angkatan Udara India (IAF) yang membawa 14 orang jatuh di India selatan, IAF mengkonfirmasi, dengan hanya satu yang selamat. Kepala Staf Pertahanan Jenderal Bipin Rawat meninggal bersama istrinya, Madhulika Rawat, kata IAF melalui Twitter. Dia telah menjabat selama hampir dua tahun. Helikopter, yang memiliki empat awak, jatuh di dekat Coonoor di negara bagian Tamil Nadu saat dalam perjalanan dari Sulur ke kota Wellington di Tamil Nadu, kata IAF.
Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan bahwa Rawat adalah prajurit yang luar biasa dan patriot sejati yang berkontribusi besar dalam memodernisasi angkatan bersenjata dan aparat keamanan negara.

“Wawasan dan perspektifnya tentang hal-hal strategis sangat luar biasa. Kepergiannya membuat saya sangat sedih,” kata Modi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas