Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan PM Jepang Shinzo Abe: Petualangan Militer China Bisa Jadi Tindakan Bunuh Diri

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan setiap petualangan militer China terhadap negara tetangga bisa menjadi tindakan bunuh diri

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Mantan PM Jepang Shinzo Abe: Petualangan Militer China Bisa Jadi Tindakan Bunuh Diri
AFP
Mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe (atas, kiri) dan Yoshihide Suga (atas, kanan) menghadiri pertemuan luar biasa Diet di Tokyo pada 6 Desember 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendesak China untuk tidak memprovokasi negara tetangganya atau berusaha mengekspansi wilayah, dengan mengatakan bahwa setiap petualangan militer China bisa menjadi tindakan bunuh diri.

“Petualangan dalam urusan militer, jika dilakukan oleh ekonomi besar seperti China, bisa dikatakan bunuh diri,” kata Abe, dalam pesan videonya di forum keamanan, Selasa (14/12/2021).

“Kita harus mendesak mereka untuk tidak melakukan ekspansi teritorial dan menahan diri dari memprovokasi, sering kali menindas, tetangga mereka karena itu akan merugikan kepentingan mereka sendiri,” katanya.

Abe mengundurkan diri sebagai perdana menteri tahun lalu tetapi masih berpengaruh sebagai ketua faksi terbesar Partai Demokrat Liberal yang berkuasa.

China mengklaim hampir semua perairan kaya energi di Laut China Selatan, dengan mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan.

Baca juga: Taiwan: China Akan Kesulitan Melakukan Invasi Penuh, Tak Bisa Daratkan Pasukan Sekaligus

Baca juga: China Bertekad Menyerang Balik Jika Amerika Serikat Sembrono Memberlakukan Sanksi

Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag telah menyebut klaim China itu tanpa dasar hukum. Namun China menolak mengakui keputusan pengaedilan itu.

Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim atas beberapa bagian laut di Laut China Selatan itu.

BERITA REKOMENDASI

Di Laut Cina Timur, Cina mengklaim sekelompok pulau tak berpenghuni yang dikelola Jepang.

Perselisihan antara kedua negara ini telah mengganggu hubungan bilateral selama bertahun-tahun dan memicu lebih banyak ketegangan antara negara-negara tetangga.

Abe mengeluarkan pernyataan menyusul komentar bulan ini bahwa setiap kedaruratan di Taiwan berarti kedaruratan bagi Jepang serta aliansi keamanannya dengan Amerika Serikat. Juga disebutkan, Presiden China Xi Jinping jangan sampai salah mengartikannya.

Baca juga: Pesawat Pengebom Tiongkok Menyebar Ranjau Laut di Laut China Selatan

Baca juga: Mantan PM Shinzo Abe Desak Jepang Bisa Lebih Tegas Terhadap China

Asisten Menteri Luar Negeri China Hua Chunying menyebut pernyataan yang dibuat pada 1 Desember itu adalah salah dan melanggar norma-norma dasar hubungan bilateral.

China juga memanggil Duta Besar Jepang untuk Beijing menyusul pernyataan itu.

“Komentar Abe secara terbuka menantang kedaulatan China dan memberikan dukungan berani kepada pasukan kemerdekaan Taiwan, ujar Hua dikutip oleh laporan berita.

Ketegangan atas Taiwan yang diklaim China telah meningkat ketika Xi berusaha menegaskan klaim kedaulatan negaranya atas pulau yang diperintah secara demokratis itu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas