Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Korea Utara Dilarang Tertawa dan Mabuk-mabukan selama Peringatan Kematian Kim Jong Il

Warga Korea Utara dilarang tertawa atau minum alkohol selama 11 hari untuk memperingati 10 tahun kematian mantan Pemimpin Tertinggi Kim Jong Il.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Warga Korea Utara Dilarang Tertawa dan Mabuk-mabukan selama Peringatan Kematian Kim Jong Il
AFP/KIM WON JIN
Orang-orang datang untuk memberi penghormatan di depan patung mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il Sung dan Kim Jong Il untuk memperingati sepuluh tahun kematian Kim Jong Il, ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong Un, di bukit Mansu di Pyongyang pada 16 Desember 2021. (Photo by KIM Won Jin / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Warga Korea Utara dilarang tertawa atau minum alkohol selama 11 hari untuk memperingati 10 tahun kematian mantan Pemimpin Tertinggi Kim Jong Il.

Otoritas telah memerintahkan masyarakat untuk tidak menunjukkan kebahagiaan saat peringatan kematian ayah Kim Jong Un itu.

Kim Jong Il mulai memerintah Korea Utara pada tahun 1994 hingga kematiannya pada 17 Desember 2011.

Kim Jong Il meninggal saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Tampuk kekuasaan kemudian diberikan kepada putra ketiganya, Kim Jong Un, yang memimpin hingga saat ini.

Baca juga: Profil Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang Idolakan Michael Jordan

Baca juga: Apakah Korea Selatan Akan Segera Mengakhiri Perang Korea?

Orang-orang membungkuk saat mereka memberi hormat di depan patung mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il Sung dan Kim Jong Il untuk menandai peringatan sepuluh tahun kematian Kim Jong Il, ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong Un, di bukit Mansu di Pyongyang pada 16 Desember 2021. (Photo by KIM Won Jin / AFP)
Orang-orang membungkuk saat mereka memberi hormat di depan patung mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il Sung dan Kim Jong Il untuk menandai peringatan sepuluh tahun kematian Kim Jong Il, ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong Un, di bukit Mansu di Pyongyang pada 16 Desember 2021. (Photo by KIM Won Jin / AFP) (AFP/KIM WON JIN)

Untuk menghormati 10 tahun kematian Kim Jong Il, warga Korut diperintahkan untuk menjalani masa berkabung selama 11 hari.

Selama itu, warga dilarang tertawa atau minum-minuman keras.

BERITA TERKAIT

"Selama masa berkabung, kita tidak boleh minum alkohol, tertawa, atau melakukan kegiatan rekreasi," kata seorang warga Korea Utara dari kota perbatasan timur laut Sinuiju kepada Radio Free Asia (RFA), dikutip dari Daily Mail

Sumber ini mengatakan, warga juga dilarang berbelanja bahan makanan pada 17 Desember, hari Kim Jong Il meninggal.

"Di masa lalu banyak orang yang tertangkap minum atau mabuk selama masa berkabung ditangkap dan diperlakukan sebagai penjahat ideologis."

"Mereka dibawa pergi dan tidak pernah terlihat lagi," ujar sumber ini.

"Bahkan jika anggota keluarga Anda meninggal selama masa berkabung, Anda tidak diperbolehkan menangis dengan keras dan tubuh harus dibawa keluar setelah selesai."

"Orang-orang bahkan tidak bisa merayakan ulang tahun mereka sendiri jika ultahnya jatuh dalam masa berkabung," jelas sumber.

Kim Jong Il meninggal karena serangan jantung pada Sabtu, 17 Desember 2011 di usia 69 tahun.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas