Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Akui Uji Coba Rudal Taktis Kemarin, Berhasil Hantam Sebuah Pulau Yang Jadi Sasaran

Korea Utara mengakui telah melakukan uji coba rudal taktis Senin kemarin yang berhasil menghantam sebuah pulau sebagai sasaran di laut timur

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Korea Akui Uji Coba Rudal Taktis Kemarin, Berhasil Hantam Sebuah Pulau Yang Jadi Sasaran
AFP
Seorang wanita berjalan melewati layar televisi yang menunjukkan siaran berita dengan rekaman file uji coba rudal Korea Utara, di sebuah stasiun kereta api di Seoul pada 17 Januari 2022. Korea Utara menembakkan proyektil tak dikenal ke arah timur dalam uji coba senjata keempat yang dicurigai di negara itu bulan ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara mengkonfirmasi telah melakukan uji coba senjata  keempat bulan ini pada hari Senin (17/1/2022).

Peluncuran dua peluru kendali (rudal) taktis itu merupakan yang terbaru dari serangkaian uji senjata meskipun ada larangan PBB.

“Akademi Ilmu Pertahanan melakukan uji coba peluru kendali taktis dari barat negara itu, dan mereka tepatnya mengenai target pulau di lepas pantai timur,” lapor media pemerintah Korea Utara, Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Selasa (18/1/2022).

“Uji coba itu bertujuan untuk secara selektif mengevaluasi peluru kendali taktis yang diproduksi dan dikerahkan dan untuk memverifikasi keakuratan sistem senjata,” kata KCNA.

“Itu mengkonfirmasi keakuratan, keamanan, dan efisiensi pengoperasian sistem senjata yang sedang diproduksi,” tambahnya.

Baca juga: Korea Utara Uji Coba Lagi Dua Rudal Balistik, Jepang Keluarkan Peringatan dari Proyektil yang Jatuh

Baca juga: Korea Utara Uji Coba Rudal yang Diluncurkan dari Kereta Api

Peluncuran tersebut terdeteksi oleh Jepang dan Korea Selatan.

Kedua negara ini mengatakan bahwa uji coba tersebut dilakukan di Bandara Pyongyang dan melibatkan dua rudal balistik jarak pendek.

BERITA TERKAIT

Awal bulan ini, Korea Utara dua kali menguji apa yang disebutnya sebagai “rudal hipersonik” serta rudal balistik yang dipasang di kereta api.

Tes tersebut telah menarik perhatian internasional, dengan Amerika Serikat menyerukan sanksi yang lebih keras yang semakin membuat marah Pyongyang.

Departemen Luar Negeri menyebutkan, Perwakilan Khusus AS untuk Korea Utara, Sung Kim, mendesak Pyongyang menghentikan kegiatannya yang melanggar hukum dan merusak stabilitas.

Baca juga: Amerika Serikat Sanksi Enam Warga Korea Utara Setelah Uji Coba Rudal Hipersonik

Baca juga: Kim Jong Un Hadiri Uji Coba Rudal Hipersonik, Minta Peningkatan Kekuatan Militer Korea Utara

Sung Kim, setelah berbicara melalui telepon dengan rekannya dari Korea Selatan dan Jepang, juga mendesak Korea Utara membuka kembali dialog. “Dia terbuka untu bertemu tanpa persyaratan apapun,” sebut Departemen Luar Negeri.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric juga menyebut uji coba Korea Utara itu semakin mengkhawatirkan.

Dalam jumpa pers, Dujarric menyerukan semua pihak untuk kembali ke pembicaraan untuk meredakan ketegangan dan mempromosikan denuklirisasi Semenanjung Korea yang sangat dapat diverifikasi.

Korea Utara dikenai sanksi internasional atas program senjata terlarangnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas