Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Taliban Akhirnya Izinkan Perempuan Afghanistan Kembali ke Sekolah Mulai Maret 2022

Taliban mengatakan akan membuka kembali kegiatan belajar di sekolah untuk semua anak perempuan Afghanistan pada 21 Maret 2022.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in Taliban Akhirnya Izinkan Perempuan Afghanistan Kembali ke Sekolah Mulai Maret 2022
AFP
Sejumlah siswi belajar di kelas di Herat, Selasa (17/8/2021), setelah Taliban mengambilalih kekuasaan di Afghanistan. Taliban akan mengizinkan anak perempuan Afghanistan kembali bersekolah. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin senior Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, akan membuka kembali kegiatan belajar di sekolah untuk semua anak perempuan pada 21 Maret 2022, mendatang.

Dia berharap sekolah perempuan di seluruh Afghanistan dapat dibuka kembali pada akhir Maret.

Mujahid akhirnya menawarkan jadwal pertama dimulainya kembali sekolah menengah untuk anak perempuan sejak Taliban merebut kembali kekuasaan pada pertengahan Agustus 2021, lalu.




Pada Sabtu (15/1/2022), Zabihullah Mujahid, juru bicara pemerintah Afghanistan dan wakil menteri kebudayaan dan informasi mengatakan, departemen pendidikan kelompok itu akan membuka ruang kelas untuk semua anak perempuan di Tahun Baru Afghanistan, yang dimulai pada 21 Maret, sebagaimana dilansir Al Jazeera,

Meskipun Taliban belum secara resmi melarang pendidikan anak perempuan, para pejuang kelompok itu telah menutup sekolah menengah anak perempuan dan melarang perempuan dari universitas negeri di beberapa bagian di Afghanistan.

Anak perempuan di sebagian besar Afghanistan tidak diizinkan kembali ke sekolah setelah kelas 7 sejak pengambilalihan Taliban.

Baca juga: Wanita Afghanistan di Kabul Tuntut Taliban Hormati Hak Perempuan dan Minta Hentikan Mesin Kriminal

Baca juga: Gempa Berkekuatan 5,3 SR Guncang Afghanistan Barat, 26 Orang Tewas

Hal itu telah menjadi salah satu tuntutan utama aktivis hak-hak perempuan dan masyarakat internasional selama berbulan-bulan.

BERITA TERKAIT

Mujahid menyebut bahwa pendidikan untuk anak perempuan dan wanita adalah masalah kapasitas.

“Kami berusaha menyelesaikan masalah ini pada tahun mendatang sehingga sekolah dan universitas dapat dibuka," tambahnya.

Komunitas internasional, yang enggan untuk secara resmi mengakui pemerintahan yang dijalankan Taliban, khawatir kelompok itu dapat memberlakukan tindakan keras yang serupa dengan aturan sebelumnya 20 tahun lalu.

Pada saat itu, perempuan dilarang dari pendidikan, pekerjaan dan kehidupan publik.

“Kami tidak menentang pendidikan,” tegas Mujahid, berbicara di kementerian kebudayaan dan informasi di Kabul.

“Di banyak provinsi, kelas yang lebih tinggi (sekolah perempuan) terbuka, tetapi di beberapa tempat ditutup, alasannya adalah krisis ekonomi dan kerangka kerja, yang perlu kita kerjakan di daerah yang padat penduduk. Dan untuk itu kita perlu menetapkan prosedur baru,” katanya.

Anak perempuan yang lebih tua dari kelas 7 telah diizinkan kembali ke ruang kelas di sekolah negeri di sekitar selusin dari 34 provinsi di negara itu.

Anak perempuan di Afghanistan saat belajar di kelas.
Anak perempuan di Afghanistan saat belajar di kelas. (AFP)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas