Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Uji Coba Rudal yang Mampu Menyerang Guam AS, Disebut Terkuat Sejak 2017

Korea Utara mengonfirmasi telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah yang mampu mencapai wilayah AS di Guam, Senin (31/1/2022).

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Korea Utara Uji Coba Rudal yang Mampu Menyerang Guam AS, Disebut Terkuat Sejak 2017
AFP
Orang-orang menonton layar televisi yang menunjukkan siaran berita dengan rekaman uji coba rudal Korea Utara, di stasiun kereta api di Seoul pada 27 Januari 2022. Ini uji coba keenam dilakukan Korut meski telah ada sanksi akibat rangkaian uji coba sebelumya. 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara mengonfirmasi telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah yang mampu mencapai wilayah AS di Guam, Senin (31/1/2022).

Dilansir AP News, Kantor Berita Pusat Korea mengatakan, uji coba rudal Hwasong-12 pada Minggu (30/1/2022) bertujuan untuk mengevaluasi rudal yang diproduksi serta menguji akurasinya. 

Menurut laporan, kamera yang dipasang di hulu ledak rudal berhasil menangkap penampakan Bumi dari luar angkasa.

Akademi Ilmu Pertahanan disebut telah mengonfirmasi keakuratan, keamanan, dan efektivitas pengoperasian sistem senjata.

Korea Utara menyebut rudal itu diluncurkan ke arah perairan lepas pantai timur dengan sudut yang tinggi, untuk mencegahnya terbang melintasi area udara negara lain.

Baca juga: Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Ketujuh dalam Sebulan

Baca juga: Uji Coba Rudal Korea Utara: Apa yang Diinginkan Kim Jong-un? Ini Kata Analis

Gambar tidak bertanggal yang dirilis dari kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) pada Jumat (28/1/2022) menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) memeriksa pabrik amunisi yang memproduksi sistem senjata utama di lokasi yang dirahasiakan.
Gambar tidak bertanggal yang dirilis dari kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) pada Jumat (28/1/2022) menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) memeriksa pabrik amunisi yang memproduksi sistem senjata utama di lokasi yang dirahasiakan. (AFP PHOTO/KCNA Via KNS)

Sementara itu, Korea Selatan dan Jepang mengatakan bahwa rudal yang baru diluncurkan Korut terbang sekitar 800 km dan mencapai ketinggian maksimum 2.000 km sebelum mendarat di perairan Semenanjung Korea-Jepang.

Berdasarkan rincian penerbangan yang dilaporkan, rudal ini disebut yang paling kuat yang pernah diuji Korut sejak 2017.

BERITA TERKAIT

Di tahun itu, Pyongyang meluncurkan Hwasong-12 dan rudal jarak jauh dalam serangkaian tembakan senjata untuk memperoleh kemampuan meluncurkan serangan nuklir ke pangkalan militer AS di Asia Utara dan Pasifik dan bahkan Amerika.

Rudal Hwasong-12 adalah senjata darat-ke-darat berkemampuan nuklir, yang jangkauan maksimumnya adalah 4.500 km ketika ditembakkan pada lintasan standar.

Jarak itu cukup untuk mencapai wilayah AS di Guam.

Pada Agustus 2017, ketika Kim Jong Un bersitegang dengan Donald Trump, Pasukan Strategis Korea Utara mengancam akan membuat "api yang menyelimuti" di dekat Gaum dengan rudal Hwasong-12.

Masih di tahun yang sama, Korea Utara juga melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang disebut Hwasong-14 dan Hwasong-15.

Kedua senjata ini menurut para ahli berpotensi mencapai daratan Amerika Serikat.

Dalam beberapa bulan terakhir, Korea Utara rajin menguji berbagai sistem senjata miliknya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas