Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS dan Rusia Berdebat tentang Krisis Ukraina di Dewan Keamanan PBB

Amerika Serikat (AS) dan Rusia berdebat tentang krisis Ukraina di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Inza Maliana
zoom-in AS dan Rusia Berdebat tentang Krisis Ukraina di Dewan Keamanan PBB
AFP/MANDEL NGAN
VARIAN OMICRON - Presiden AS Joe Biden berbicara dengan anggota Tim Tanggap Covid-19 Gedung Putih mengenai perkembangan terbaru terkait varian Omicron, pada 4 Januari 2022, di South Court Auditorium Gedung Putih di Washington, DC. - AS mencatat lebih dari 1 juta kasus Covid-19 pada 3 Januari 2022, menurut data dari Universitas Johns Hopkins, ketika varian Omicron terus menyebar dengan kecepatan tinggi. (MANDEL NGAN / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) dan Rusia berdebat tentang krisis Ukraina di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Washington memperingatkan soal perang "mengerikan" apabila Moskow memutuskan untuk menyerang tetangganya (Ukraina).

Gedung Putih juga menyoroti akibat jika diplomat Rusia mengecilkan ancaman konflik militer.

Melansir Al Jazeera, Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan kepada dewan selama sesi terbuka khusus pada Senin (31/1/2022) bahwa invasi Rusia ke Ukraina akan mengancam keamanan global.

“Rekan-rekan, situasi yang kita hadapi di Eropa mendesak dan berbahaya, dan taruhan untuk Ukraina dan untuk setiap negara anggota PBB tidak bisa lebih tinggi lagi,” kata Thomas-Greenfield.

Baca juga: Rusia dan AS Berdebat di Dewan Keamanan PBB, Washington Dituding Provokator

Baca juga: Krisis Ukraina: Rusia-AS Saling Tuding di KTT Dewan Keamanan PBB

Foto selebaran ini dirilis pada 18 Januari 2022 oleh Kementerian Pertahanan Belarus, menunjukkan prajurit Rusia memegang roti dan garam tradisional Belarusia pada saat kedatangan mereka untuk latihan bersama di Belarus. - Belarus mengatakan pada 18 Januari 2022, bahwa pasukan Rusia mulai tiba di negara itu untuk latihan militer yang diumumkan dengan latar belakang ketegangan antara Barat dan Rusia atas tetangga Ukraina. (Photo by Handout / MINISTRY OF DEFENCE REPUBLIC OF BELARUS / AFP)
Foto selebaran ini dirilis pada 18 Januari 2022 oleh Kementerian Pertahanan Belarus, menunjukkan prajurit Rusia memegang roti dan garam tradisional Belarusia pada saat kedatangan mereka untuk latihan bersama di Belarus. - Belarus mengatakan pada 18 Januari 2022, bahwa pasukan Rusia mulai tiba di negara itu untuk latihan militer yang diumumkan dengan latar belakang ketegangan antara Barat dan Rusia atas tetangga Ukraina. (Photo by Handout / MINISTRY OF DEFENCE REPUBLIC OF BELARUS / AFP) (AFP/HANDOUT)

Ia juga memperingatkan konsekuensi “mengerikan” jika Rusia menyerang Ukraina.

Militer Rusia telah mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina.

BERITA REKOMENDASI

Tindakan tersebut memicu krisis diplomatik dan meningkatkan kekhawatiran AS dan Eropa bahwa Moskow mungkin bersiap untuk invasi yang akan segera terjadi.

Rusia membantah berencana untuk menyerang, Moskow juga menentang upaya Ukraina untuk bergabung dengan NATO.

Baca juga: Platform Decentralized Exchange Miliki Peran Krusial di Dunia Metaverse

Baca juga: Jenderal AS Prediksi Serangan Rusia ke Ukraina Bakal Mengerikan, Mampukah Barat Menghentikannya?

Moskow menginginkan jaminan keamanan bahwa aliansi yang dipimpin AS akan menghentikan ekspansinya ke bekas republik Soviet.

Tetapi Washington dan NATO telah menolak permintaan tersebut sebagai "tidak memulai".

Pada hari Senin, utusan Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya menuduh Washington dan sekutunya menghidupkan ancaman perang meskipun Moskow berulang kali menyangkal invasi yang direncanakan.

“Diskusi tentang ancaman perang sangat provokatif. Anda hampir menyerukan ini. Anda ingin itu terjadi. Anda menunggu itu terjadi seolah-olah Anda ingin membuat kata-kata Anda menjadi kenyataan,” kata Nebenzya dalam pertemuan Dewan Keamanan.

“Terlepas dari kenyataan bahwa kami terus-menerus menolak tuduhan ini, dan terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada ancaman invasi yang direncanakan ke Ukraina dari bibir politisi atau tokoh publik Rusia selama periode ini.”

Baca juga: POPULER Internasional: Rekor Uji Coba Rudal Korea Utara | Rusia Disebut Invasi Ukraina pada Februari

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas