Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Gelar Latihan Militer di Belarus dan Laut Hitam, Inggris: Momen Paling Berbahaya

Rusia diketahui mengadakan latihan militer di Belarus dan Laut Hitam, menyusul penumpukan pasukan Moskow di dekat Ukraina.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Rusia Gelar Latihan Militer di Belarus dan Laut Hitam, Inggris: Momen Paling Berbahaya
AFP/ALAIN JOCARD
Tentara Inggris ikut serta dalam latihan besar sebagai bagian dari operasi NATO EFP di kamp tentara Tapa estonia dekat Rakvere, pada 6 Februari 2022. - Latihan "Kamp Musim Dingin" di timur laut Estonia, hanya 100 kilometer (62 mil) dari Perbatasan Rusia, termasuk sekitar 1.300 tentara Inggris, Estonia, dan Prancis yang beroperasi dalam kondisi ekstrem. (Photo by ALAIN JOCARD / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Pada Kamis (10/2/2020) Inggris mengatakan bahwa momen paling berbahaya tampaknya sudah dekat.

Rusia diketahui mengadakan latihan militer di Belarus dan Laut Hitam, menyusul penumpukan pasukan Moskow di dekat Ukraina.

Dilansir Reuters, Ukraina juga menggelar latihan perang.

Di sisi lain, Amerika mendesak warganya untuk segera pergi dari Ukraina karena meningkatnya ancaman aksi militer Rusia.

Baca juga: Joe Biden Desak Warga AS Segera Tinggalkan Ukraina, Sebut Situasi Bisa Berubah Cepat

Baca juga: Tensi Rusia-Ukraina Panas, Harga Minyak Dunia Bisa Tembus 120 Dollar AS Per Barrel

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengadakan konferensi pers untuk pembaruan Covid-19 terbaru di ruang pengarahan Downing Street di London pusat pada 8 Desember 2021.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengadakan konferensi pers untuk pembaruan Covid-19 terbaru di ruang pengarahan Downing Street di London pusat pada 8 Desember 2021. (Adrian DENNIS / AFP / POOL)

Namun, para pemimpin di semua pihak mengisyaratkan harapannya bahwa upaya diplomasi mampu mendinginkan situasi.

Perdana Menteri Boris Johnson menyebut konflik antara Rusia dan Ukraina ini sebagai krisis keamanan terbesar di Eropa selama beberapa dekade.

Dalam putaran pembicaraan terbaru, Menteri Luar Negeri Inggris berdebat dengan mitranya dari Rusia di Moskow.

BERITA TERKAIT

Johnson mengunjungi markas NATO di Brussel dan pemimpin Jerman bertemu dengan rekan-rekannya dari negara-negara Baltik di Berlin, di mana para pejabat dari Rusia, Ukraina, Jerman dan Prancis juga mengadakan diskusi. .

Baca juga: Mulai Panas dengan Rusia, Relawan Ukraina Terima Donasi Bitcoin untuk Dana Perang

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat dia berbicara selama pertemuan darurat video Dewan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang berfokus pada situasi di Kazakhstan setelah protes keras, di kediaman negara bagian Novo-Ogaryovo, di luar Moskow, Senin (10/1/2022). (Alexey NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat dia berbicara selama pertemuan darurat video Dewan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang berfokus pada situasi di Kazakhstan setelah protes keras, di kediaman negara bagian Novo-Ogaryovo, di luar Moskow, Senin (10/1/2022). (Alexey NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP) (AFP/ALEXEY NIKOLSKY)

Rusia, yang menumpuk lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, membantah tuduhan Barat bahwa mereka mungkin berencana untuk menyerang bekas tetangga Sovietnya.

Moskow juga mengatakan pihaknya dapat mengambil tindakan "teknis militer" yang tidak ditentukan kecuali tuntutan dipenuhi.

"Sejujurnya saya tidak berpikir keputusan telah diambil oleh Moskow tentang apakah akan menyerang," Johnson mengatakan pada konferensi pers dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

"Tapi itu tidak berarti bahwa tidak mungkin sesuatu yang benar-benar bencana bisa terjadi dalam waktu dekat."

Baca juga: Ketegangan Ukraina: Dubes Rusia untuk UE Optimis Diplomasi Mampu Kurangi Eskalasi Kyiv

Presiden AS Joe Biden berbicara tentang operasi kontraterorisme di Suriah dari Ruang Roosevelt Gedung Putih di Washington, DC, pada 3 Februari 2022
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang operasi kontraterorisme di Suriah dari Ruang Roosevelt Gedung Putih di Washington, DC, pada 3 Februari 2022 (SAUL LOEB / AFP)

"Ini mungkin momen paling berbahaya, menurut saya, dalam beberapa hari ke depan, dalam krisis keamanan terbesar yang dihadapi Eropa selama beberapa dekade."

Jalan yang dapat diambil adalah diplomasi kata Johnson kemudian kepada wartawan di Polandia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas